INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI (STUDI PADA MAHASISWA PRODI PPKN UNIVERSITAS KAHURIPAN KEDIRI)
DOI:
https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i1.512Keywords:
tolerance, multicultural educationAbstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai toleransi mahasiswa program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Universitas Kahuripan Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan setting di Universitas Kahuripan Kediri. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta menentukan subjek penelitian secara purposive. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dari Miles & Huberman, diawali dengan pengumpulan data, mereduksi data, pengelompokkan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan adanya dua temuan penelitian yaitu: Pertama, penanaman nilai-nilai toleransi melalui terintegrasi dengan kurikulumberstandar KKNI di Universitas Kahuripan Kediri. Kedua, internalisasi nilai-nilai toleransi sesuai dengan tujuan dan dimensi pendidikan multikultural.
Kata kunci: toleransi, pendidikan multikultural
ABSTRACT
This study aims to describe the internalization of the tolerance values of students of the Pancasila and Citizenship Education study program at Kahuripan Kediri University. This research is a qualitative research with a case study approach in the Kahuripan Kediri University setting. Collecting data through interviews, observation, and documentation, as well as determining research subjects purposively. The validity of the data used triangulation techniques. Data analysis used qualitative analysis techniques
from Miles & Huberman, starting with data collection, data reduction, data grouping and drawing conclusions. The results of this study indicate two research findings, namely: First, planting tolerance values through integration with the KKNI standard curriculum at Kahuripan Kediri University. Second, the internalization of the values of tolerance in accordance with the goals and dimensions of multicultural education