Meningkatan Prestasi Belajar Pembelajaran Dalam Jaringan Materi Hukum Islam dan Modernitas dengan Metode Kolaboratif dalam Kelas Kecil
Keywords:
Pembelajaran kolaboratif, Hukum Islam dan modernitas, pembelajaran daring, penelitian tindakan kelasAbstract
Abstrak
Pendemi COVID – 19 yang melanda dunia sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan. Hampir satu tahun siswa SD, SMP, dan SMA melakukan pembelajaran dalam jaringan (daring). Sejauh ini, guru dan siswa masih dalam fase adaptasi dengan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari keefektifan dari metode pembelajaran kolaboratif pada kelas kecil dalam materi hukum Islam dan modernitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 12 yang belajar di lembaga bimbingan belajar Cakrawala Media Ngongot Nganjuk. Rentang waktu pelaksanaan untuk tiga siklus tersebut adalah 3 minggu. Dari hasil pelaksanaan siklus 1 didapatkan hasil 2 siswa mendapat nilai 90 - 100 sebanyak (16.6 %), 8 siswa mendapat nilai 80 - 89 (66.8%), dan 2 siswa yang mendapat 70 – 79 (16.6 %). Hasil tersebut menunjukan bahwa siklus I secara klasikal kelas tersebut dapat dikategorikan tuntas dengan nilai rata – rata 76. Siklus 2 mendapatkan hasil 4 siswa mendapat nilai 90 - 100 (33.3 %) 4 siswa mendapat nilai 80 - 89 (33.3%) dan 4 siswa mendapatkan nilai 70 – 79 (33.3%) Tidak ada siswa yang mendapatkan nilai dibawah 70. Ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan di siklus 2. Adapun rata – rata nilai yang didapat di siklus ini adalah 80. Dan siklus 3 mendapatkan hasil siswa mendapat nilai 90 - 100 (50 %) 4 siswa mendapat nilai 80 - 89 (33.3%) dan 2 siswa mendapatkan nilai 70 – 79 (16.7%) Tidak ada siswa yang mendapatkan nilai dibawah 70. Terdapat peningkatan di siklus 2. Adapun rata – rata nilai yang didapat di siklus ini adalah 92.4.
Kata Kunci: Pembelajaran kolaboratif, Hukum Islam dan modernitas, pembelajaran daring, penelitian tindakan kelas
Abstract
The COVID-19 epidemic that has hit the world has greatly affected various aspects of life including education. Almost one year elementary, junior high and high school students conduct online learning. So far, teachers and students are still in the adaptation phase with online learning. The aim of this research is to find out the effectiveness of collaborative learning methods in small classes in Islamic law and modernity. This type of research is classroom action research. The subjects of this study were 12th grade students studying at the Cakrawala Media Ngongot Nganjuk tutoring institution. The implementation time span for these three cycles is 3 weeks. From the results of the implementation of cycle 1, it was found that 2 students got 90-100 scores (16.6%), 8 students got 80-89 (66.8%), and 2 students got 70-79 (16.6%). These results indicate that the class I classically can be categorized as complete with an average value of 76 in Cycle 2. score 70 - 79 (33.3%) There are no students who get a score below 70. This shows that there is an increase in cycle 2. The average score obtained in this cycle is 80. And in cycle 3 the results of the students got a score of 90-100 (50%) 4 students got a score of 80 - 89 (33.3%) and 2 students got a score of 70 - 79 (16.7%) There were no students who got a score below 70. There was an increase in cycle 2. The average score obtained in this cycle
is 92.4.
Keywords: Collaborative learning, Islamic law and modernity, online learning,
classroom action research.