IMPLEMENTASI DRILL DRIBBLE TANPA MELIHAT BOLA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DRIBBLE EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMAN 3 BANGKALAN KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Wibowo, S.Pd SMAN 3 Bangkalan

Keywords:

Drill Dribble, Ektrakurikuler Bola Basket

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan jasmani merupakan bagian dari sistem pendidikan secara keseluruhan, yang memfokuskan pengembangan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, kemampuan berfikir kritis, stabilisasi emosional, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, guru diharapkan mengajarkan berbagai ketrampilan gerak dasar, teknik dan strategi permainan dan olahraga, internalisasi nilai-nilai (sportifitas, jujur, kerjasama, dan lain-lain) serta pembiasaan hidup sehat. Adapun tujuan pendidikan jasmani disekolah adalah untuk meningkatkan kemempuan Dribble Ekstrakurikuler bola basket melalui implementasi Drill Dribble tanpa melihat bola. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX SMAN 3 Bangkalan tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 30 orang. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (69%), siklus II (78%), dan siklus III (88%). Simpulan dari penelitian ini adalah dengan melalui implementasi drill dribble, siswa sudah dapat melakukan kemampuan dribble dengan baik sehingga pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Olahraga ekstrakurikuler bola basket di SMA.


Kata Kunci: Drill Dribble, Ektrakurikuler Bola Basket

ABSTRACT
Physical education is part of the education system as a whole, which focuses on developing aspects of physical fitness, movement skills, critical thinking skills, emotional stabilization, social skills, reasoning and moral action through physical activities. In the Physical Education learning process, teachers are expected to teach various basic movement skills, techniques and strategies for games and sports, internalization of values (sportsmanship, honesty, cooperation, etc.) and healthy living habits. The purpose of physical education in schools is to improve basketball extracurricular skills through the implementation of Drill Dribble without looking at the ball. This research uses action research as many as three rounds. Each cycle consists of four stages, namely: design, implementation, observation and reflection. The target of this research is 30 students of class IX of SMAN 3 Bangkalan in the 2019/2020 academic year. From the results of the analysis, it was found that student achievement had increased from cycle I to cycle III, namely, cycle I (69%), cycle II (78%), and cycle III (88%). The conclusion of this study is that through the implementation of the dribble drill, students are able to perform dribbling skills well so that this learning can be used as an alternative to learning basketball extracurricular sports in high school.


Key words: drill dribble, basketball extracurricular

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-17

How to Cite

IMPLEMENTASI DRILL DRIBBLE TANPA MELIHAT BOLA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DRIBBLE EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMAN 3 BANGKALAN KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. (2020). JURNAL KOULUTUS, 3(2), 207-225. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/414