PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN “JIGSAW†PADA MATERI PERKAWINAN PADA SUBMATERI HUKUM ISLAM SEMESTER TIGA
Keywords:
metode pembelajaran Jigsaw, hukum Islam, materi perkawinanAbstract
Hukum Islam adalah sebuah mata kuliah yang menawarkan tantangan bagi dosen pengajar. Tantangan tersebut timbul dari latar belakang mahasiswa yang beragam dalam memahami hukum islam. Salah satu tema hukum Islam yang menarik adalah tentang perkawinan. Tema ini diajarkan di semester 5 yang mana mahasiswanya semua masih belum menikah sehingga mereka akan mendapatkan sebuah pengetahuan baru tentang perkawinan. Tema pernikahan mempunyai beberapa sub-tema yang bisa dijadikan bahan bagi mahasiswa untuk belajar dengan lebih efektif. Dalam tema perkawinanan terdapat beberapa sub – tema yang bisa dijadikan bahan bagi mahasiswa untuk presentasi dan berdiskusi. Banyaknnya sib – tema inilah yang membuat peneliti memilih untuk menerapkan metode pembelajaran jigsaw yang bisa menfasilitasi mahasiswa untuk mempresentasikan sub – tema yang telah dipelajari. Penerapan jigsaw berjalan dengan lancar karena kelompok mahasiswa telah mempelajari dan mempersiapkan diri sebelumnya. Hasil dari penelitianini sesuai dengan tujuan dari penelitian yaitu untuk menemukan model pembelajaran yang tepat untuk materi yang mempunyai banyak sub-tema. Mahasiswa menjadi lebih aktif untuk mencari materi, menyusun materi, mempresentasikan tema dan yang terpenting mahasiswa berdikusi tentang materi perkawinan dalam situasi yang menyenangkan. Sementara peran dosen dalam proses penerapan jigsaw, dosen hanya berperan sebauh controller. Seminggu setelah penerapan model pembelajaran Jigsaw, peneliti melaksanakan sebuah evaluasi test dengan hasil yang memuaskan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah materi kuliah dengan banyak sub – tema akan lebih efektif dengan metode pembelajaran jigsaw karena tiap sub –tema dipelajari dan dipresentasikan oleh mahasiswa.
Kata Kunci: metode pembelajaran Jigsaw, hukum Islam, materi perkawinan