PENGALAMAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SMP JOANNES BOSCO YOGYAKARTA

Authors

  • Agustina Nuranisah Safriatun Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rian Antony Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51158/rdqfys36

Keywords:

pendidikan karakter, pengalaman guru, pendampingan, siswa, strategi guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman guru dalam membentuk pendidikan karakter pada siswa. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif atas data yang dihasilkan melalui wawancara yang mendalam. Wawancara mendalam dilakukan pada guru-guru yang berkarya di SMP Joannes Bosco, dengan masa kerja minimal lima tahun dan telah menjadi guru tetap yayasan. Penelitian ini  menghasilkan tiga data penting. Hasil penelitian ini mengungkap tiga temuan utama. Pertama, terdapat perbedaan karakter yang ingin ditanamkan kepada siswa di dalam satu sekolah. Kedua, guru menggunakan berbagai strategi dalam mendampingi siswa, baik secara individu, klasikal, maupun melalui proses pembelajaran dan kegiatan sekolah. Ketiga, terdapat berbagai tantangan yang dihadapi guru dalam mendampingi pembentukan karakter siswa, termasuk perilaku siswa, lingkungan sosial, perkembangan teknologi, serta faktor pendidikan lainnya yang memengaruhi karakter siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

PENGALAMAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SMP JOANNES BOSCO YOGYAKARTA. (2025). JURNAL KOULUTUS, 8(1), 35-47. https://doi.org/10.51158/rdqfys36