MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA KARTU HURUF DAN GAMBAR DENGAN PENDEKATAN TARL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1A SD INPRES 6 LOLU PALU

Authors

  • Nur Adilah Universitas Tadulako
  • Herlina Herlina Universitas Tadulako
  • Atrin Maariwuth SD Inpres 6 Lolu

Keywords:

keaktifan sejarah, TaRL, media ajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1A SD Inpres 6 Lolu Palu dengan menggunakan media kartu huruf dan gambar dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf dan gambar dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Pada siklus pertama, keaktifan peserta didik meningkat sebesar 20%, dan pada siklus kedua meningkat lagi sebesar 10%. Media ajar berupa kartu huruf dan gambar gambar menyediakan kesempatan pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif dan menggembirakan. Di sisi lain, metode TaRL menjamin bahwa konten pembelajaran disesuaikan dengan pemahaman masingmasing peserta didik. Oleh karena itu, penggabungan kedua pendekatan ini dapat diandalkan untuk
mendorong antusiasme dan keaktifan belajar para peserta didik dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA KARTU HURUF DAN GAMBAR DENGAN PENDEKATAN TARL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1A SD INPRES 6 LOLU PALU. (2024). JURNAL KOULUTUS, 7(2), 243-253. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/1266