IMPLEMENTASI MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMP NEGERI 13 PALU

Authors

  • Shofia Nurun Alanur Tadulako University
  • Irnayanti R Tomeys Universitas Tadulako
  • Dwi Septiwiharti Universitas Tadulako
  • Sukmawati Sukmawati Universitas Tadulako
  • Sunarto Amus Universitas Tadulako
  • Windy Makmur Universitas Tadulako

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Pendidikan Pancasila

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana guru membuat dan menerapkan modul ajar kurikulum merdeka dalam pembelajaran pancasila di kelas Vll A. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru harus memulai dengan menyusun modul, mengetahui strategi, mengembangkan modul ajar, menyiapkan evaluasi, dan memenuhi dua syarat minimal saat mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka. Guru di SMP Negeri 13 Palu telah memiliki kemampuan untuk mengembangkan modul ajar karena modul yang telah disusun oleh guru telah sesuai dengan panduan kementerian. Mereka juga telah belajar menyampaikan materi di kelas, memberi kesempatan kepada peserta didik, membuat argumen tentang materi yang akan disampaikan, dan memberi respon atau umpan balik kepada peserta didik agar proses pembelajaran menjadi menarik. Guru menyesuaikan modul ajar dengan konteks, karakteristik, dan kebutuhan siswa, sehingga siswa tidak bosan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

IMPLEMENTASI MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMP NEGERI 13 PALU. (2024). JURNAL KOULUTUS, 7(2), 233-241. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/1256