PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 2 SD
DOI:
https://doi.org/10.51158/koulutus.v7i1.1131Keywords:
problem based learning, matematika, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran
matematika dengan mengimplementasikan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Metodologi
ini kualitatif dengan bentuk kajian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dengan 2 pertemuan
per siklus. Implementasi model PBL dan hasil belajar siswa menjadi fokus utama pada kajian ini.
Hasil studi memperlihatkan terjadi peningkatan dalam siklus I presentase ketuntasan klasikal senilai
14,28% sementara di siklus II meningkat menjadi 64,28%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran PBL mampu hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas 2 di SDN
Bendungan.