ANALISIS KOMPOTENSI PROFESIONAL GURU DI SMP NEGERI 7 BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.51158/koulutus.v7i1.1125Keywords:
kompetensi profesional, kompetensi guruAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 7 Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara narasumber yaitu guru SMPN 7 Balikpapan. Metode pengolahan data ini ditangani secara manual yaitu mendeskripsikan hasil wawancara tersebut. Objek penelitian ini yaitu guru di SMPN 7 balikpapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kompetensi profesional guru di SMPN 7 ini berjalan dengan baik, guru mampu menjalankan tanggung jawab dengan sebagaimana mestinya. Dengan demikian, penelitian ini menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap siswa, pemanfaatan berbagai metode pembelajaran, sinergi antar guru, dan pengembangan Kompetensi profesional guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung Perkembangan holistik siswa.
Kata Kunci: Kopetensi Guru, Profesional Guru, Kopetensi Profesional.
Abstract
This study aims to determine the mastery of professional competence of teachers at SMPN 7 Balikpapan. This research uses qualitative research method with descriptive approach. The technique of data collection is conducted by interviewing the resource persons namely teachers of SMPN 7 Balikpapan. The data processing method is handled manually by describing the interview result. The object of this research is teachers at SMPN 7 Balikpapan. The result of this research shows that the professional competence of teachers in SMPN 7 is running well, teachers are able to carry out their responsibilities properly. Thus, this study emphasizes the importance of a deep understanding of students, utilization of various learning methods, synergy between teachers, and development of teachers' professional competence in creating a learning environment that supports students' holistic development.
Keywords: Teacher Competency, Teacher Professional, Professional Competency