PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ULANGAN SEMESTER 1 MELALUI RAPAT KERJA GUGUS DI SDN TEJA BARAT 1 KECAMATAN PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Afandi Pengawas SD Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan

Keywords:

Penyusunan Ulangan, Rapat Kerja Gugus

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penaikan kompetensi guru dalam proses penyusunan tes sumatif semester ganjil  melalui rapat kerja Gugus mendeskripsikan bahwa rapat kerja Gugus yang dapat menggulkan kompetensi guru dalam menyusun tes sumatif semester ganjil di SDN Teja Barat 1 Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan dengan 2 siklus. 
Ada 3 parameter yang sudah dipastikan untuk menganalisis dan menilai tes yang sudah dikerjakan, antara lain :  1), aspek kesuasaian tes dengan tujuan pembelajaran, 2) aspek perilaku tingkat kesukaran taxomi blom ( c1 – c6), dan ke. 3), penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar pada tes obyektif.    sementara itu, untuk mengetahui aktivitas guru didalam bekerja, peneliti melengkapi alat ukur dengan  panduan observasi. aspek yang diobservasi dalam kegiatan ini,  terdiri dari 5 aspek kegiatan guru yaitu : a),  aspek bahan, b), aspek keaktifan , c), aspek presentasi internal, d), aspek prosentasi eksternal dan e), aspek panel pakar.
Dari hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan kualitas dengan hasil rata-rata kemampuan guru sdn teja barat 1 kecamatan pamekasan kabupaten pamekasan tahun  pelajaran 2016/ 2017dalam melaksanakan penyusunan ulangan semester ganjil  dari rata-rata skor  66.63 menjadi skor 75.30 dengan pertumbuhan sebesar  25 %  dan hasil observasi siklus II 75.33 ,  penilaian tes siklus II  76.43.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Afandi, Pengawas SD Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan

    Pengawas SD Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ULANGAN SEMESTER 1 MELALUI RAPAT KERJA GUGUS DI SDN TEJA BARAT 1 KECAMATAN PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. (2023). JURNAL KOULUTUS, 6(1). https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/863