UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SDNPOLAGAN 1 KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
Supervisi, Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pemahaman Guru SDN Polagan 1Abstract
Penelitian ini diselenggarakan di SDN Polagan 1 Kecamatan Galis Pamekasan. SDN.Polagan 1 ini terletak di desa Polagan dengan kondisi sumberdaya manusia yang perlu pembinaan secara rutin. Berdasarkan observasi peneliti maka diperlukan adanya Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SDNPolagan 1 Kecamatan Galis Kabupaten PamekasanTahun Pelajaran 2020/2021. Permasalahan pada penelitian tindakan sekolah ( PTS ) ini ialah kualitas Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SDN Polagan 1 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menaikkan kualitas dalam proses menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SDN Polagan 1 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2020/2021 melalui supervisi akademik.
Subyek pada penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Polagan 1 Kecamatan Galis sebanyak 7orang.. Penelitian dilaksanakan mulai Agustus 2017 hingga September 2017 (2 bulan ) dengan tujuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat bisa dipakai hingga tahun ajaran 2020/2021 karena lebih berkualitas dibanding tahun pelajaran 2015/2020. Penelitian yang dilaksanakan diantaranya: (1) mempersiapkan proposal (2) membuat instrumen (3) melaksanakan supervisi akademik secara kelompok (Penataran tingkat lokal)) dalam supervisi dan supervisi akademik secara individu (percakapan individu)) dalam supervisi (4) melaksanakan analisis data (5) pembahasan (6) menulis laporan.
Supervisi akademik secara kelompok (penataran tingkat lokal). Hasil penelitian supervisi Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SDN Polagan 1 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2020/2021 ternyata belum memiliki hasil yang terbaik oleh sebab itu diperlukan adanya supervisi lagi pada supervisi berikutnya yaitu dengan melakukan percakapan individu yang berarti pelaksaan tindakan supervisi secara individual. Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada kondisi awal rata-rata yaitu 58,5 (kategori kurang ). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada supervisi I memliki hasil rata-rata 75,6 (kategori baik ). Peningkatan hasil supervisi dibanding kondisi pertama 29,3 %. Sedangkan kualitas rata-rata Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada supervisi Berikutnya 85,22 (kategori baik). Peningkatan hasil supervisi awal dibanding hasil supervisi sesudahnya13%.
Maka teknik penyelesaian permasalahndengan mengunakan bimbingan berkesinambungan bisa dikatakan berhasil. Bimbingan berkesinambungan yang diberikan oleh Pengawas sekolah pada guru SDN Polagan 1 adalah jenis bimbingan berkesinambungan/berkelanjutan yang memliki tujuan untuk menaikkan motivasi guru untuk membuat RPP dengan lengkap. Saat proses menyusun RPP guru memperlihatkan sikap serius dengan menyusun dan memahami sesudah memperoleh bimbingan pengembangan/penyusunan RPP dari peneliti. Peneliti mendapatkan informasi berdasarkan hasil pengamatan saat menyelenggarakan wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP kepada para guru SDN Polagan 1 dapat dikategorikan berhasil.