Persepsi Guru Pamong Tentang Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PLP FKIP-Uniba di SMA Negeri 8 Balikpapan Tahun Akademik 2017-2018.
Abstract
Posisi guru memiliki peran sentral untuk mewujudkan mutu pendidikan disemua jenis dan jenjang pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari proses pemberdayaan guru termasuk peningkatan mutu para calon guru. Salah satu usaha yang ditempuh oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) untuk membekali para calon guru adalah dengan membekali mereka kompetensi pedagogik, yang diaplikasikan melalui program Praktik Latihan Profesi (PLP). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui persepsi guru pamong tentang kompetensi perencanaan pembelajaran mahasiswa PLP di SMA Negeri 8 Balikpapan; (2).Mengetahui persepsi guru tentang kompetensi pelaksanaan pembelajaran mahasiswa PLP di SMA SMA Negeri 8 Balikpapan; (3) Mengetahui persepsi guru tentang kompetensi evaluasi pembelajaran mahasiswa PLP di SMA Negeri SMA Negeri 8 Balikpapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif Key informan adalah guru pamong Praktik Latihan Profesi (PLP) di SMA N 8 Balikpapan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) persepsi guru pamong tentang kompetensi
perencanaan pembelajaran kurang, praktikan memerlukan pembimbingan yang intensif oleh guru
pamong dalam pembuatan RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa praktikan
kurang, dikarenakan praktikan kurang mampu mengelola kelas. (3) Evaluasi pembelajaran yang
dilakukan praktikan PLP di SMA Negeri 8 Balikpapan cukup baik.
Kata Kunci: Persepsi Guru Pamong, Kompetensi Pedagogik