PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NILAI (VALUE LEARNING) MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBUAT (ACTION LEARNING APPROACH)
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan beresensikan pendidikan nilai, sehingga Pendidikan Kewarganegaraan
harus memberikan perhatian kepada pengembangan nilai, moral dan sikap perilaku siswa. Model ini
khususnya dapat diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di persekolahan
jenjang SMP dan SMA..Penerapan pendekatan pembelajaran berbuat (action learning approach) pada
mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diharapkan dapat memahami tentang bagaimana
menerapkan variasi model pembelajaran nilai (value learning) dengan menggunakan pendekatan
pembelajaran berbuat (action learning approach). Penyebab permasalahan yang ada adalah bermuara
pada strategipembelajaran yang masih berorientasi target penguasaan materi, bukan membekali siswa
kemampuan untuk memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian untuk
mampu pengembangkan kemampuan berfikir kritis dan keterampilan melakukan perbuatan moral,
strategi pembelajaran perlu dilakukan salah satu cara yakni dengan pendekatan pembelajaran berbuat
(action learning approach) yaitu pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk
melakukan perbuatan-perbutaan moral baik secara perseorangan maupun secara bersama-sama dalam
suatu kelompok.
Kata Kunci: nilai moral, value learning, action learning approach, Jenjang, berfikir kritis