PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 KUPANG
Keywords:
Motivasi Berprestasi, Pendekatan Discovery Learning, Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK
Tujuan dalam skripsi ini adalah 1) Mengetahui efektivitas penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok kesetimbangan kimia 2) Mengetahui motivasi berprestasi 3) Mengetahuihubungan dan pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Kupang berjumlah 35 orang. Jenis Penelitian ini adalah asosiatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa 1) pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran discovery learning yang diterapkan pada materi pokok kesetimbangan kimia adalah Efektif. Secara rinci dapat dismpulkan bahwa guru sudah mampu mengelola pembelajaran dengan rata-rata skor 79,16 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 82. Ketuntasan setiap soal proporsi yang diperoleh sebesar 0,84. 2) Motivasi berprestasi dengan persentase rata-rata 83 termasuk kategori sangat baik. 3) Hubungan motivasi berprestasi peserta didik sebesar rxy = 0,599 4) Pengaruh motivasi berprestasi sebesar Ŷ = 38,72+ 0,52ð‘‹.
Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar
ABSTRACT
The objectives in this study are 1) Knowing the effectiveness of the application of learning tools developed by applying the discovery learning approach to the subject matter of chemical equilibrium 2) Knowing achievement motivation 3) Knowing the relationship and influence between achievement motivation on student learning outcomes. The sample in this study were 35 XI MIPA 5 students of SMA Negeri 1 Kupang. The type of this research is Associative Research Type. The results of data analysis showed that 1) learning using discovery learning approach that is applied to the subject matter of chemical equilibrium is effective. In detail it can be concluded that the teacher has been able to manage learning with an average score of 79.16 with good categories. Mastery learning outcomes obtained an average value of 82. Completeness of each question the proportion obtained was 0.84. 2) Achievement motivation with an average percentage of 83 included in the excellent category. 3) The relationship of students' achievement motivation is rxy = 0.599 4) the effect of achievement motivation is Ŷ = 38.72 + 0.52X
Keywords: Achievement Motivation, Discovery Learning Approach, Learning Outcomes.