PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MATERI BISNIS ONLINE DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING KELAS XI BDP
Keywords:
Discovery Learning, PTK Kompetensi SiswaAbstract
ABSTRAK
Dalam paradigma baru pembelajaran dijelaskan bahwa pembelajaran harus dapat menumbuhkan siswa untuk aktif mencari, menemukan dan mengkonstruksikan pengetahuan. Metode pembelajaran yang digunakan oleh beberapa guru kurang bervariasi sehingga menyebabkan antusiasme siswa kurang dalam mengikuti pelajaran. Selain itu metode yang digunakan adalah metode ceramah dimana pembelajaran hanya satu arah dari guru ke murid saja dan terkesan monoton. Telah dilaksanakan penelitian Penggunaan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Materi Pengertian Dan Manfaat Bisnis Online Kelas XI BDP di SMK Budi Utomo 1 Way Jepara, dengan metode penelitian Tindakan kelas 1 siklus . Berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa hasil pengamatan peneliti terhadap aktivitas guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana pembelajaran yang mengarah pada metode penemuan (Discovery), telah mencapai kriteria keberhasilan 90,0 % berada dalam kategori sangat baik. Ini berarti bahwa kriteria keberhasilan aktivitas guru mata pelajaran Bisnis Online dalam pembelajaran pada siklus I telah berhasil dengan baik. Hasil peneilitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan metode penemuan (Discovery) memiliki dampak positif terhadap hasil belajar Bisnis Online pada materi pengertian dan manfaat bisnis online pada kelas XI BDP SMK Budi Utomo 1 Way Jepara tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini terlihat dari perolehan nilai siswa pada tes yang berupa penilaian Psikomotor dari dengan nilai rata –rata siswa memenuhi nilai KKM 75, terbukti dengan nilai rata-rata siswa yang diperoleh 79.8 dengan persentase ketuntasan sebesar 84%.
Kata kunci : Discovery Learning , PTK Kompetensi Siswa
ABSTRACT
In the new paradigm of learning, it is explained that learning must be able to foster students to actively seek, discover and construct knowledge, a learning model that emphasizes students to listen, take notes, memorize and then tests should be left by our teachers. However, at this time the learning methods used by some teachers are less varied, causing students to lack enthusiasm in following lessons. If students' enthusiasm is lacking in learning, it will cause students to be lazy to take part in learning and less active in learning. In addition, the method used is the lecture method where learning is only one way from teacher to student and it seems monotonous. Research has been carried out using the Discovery Learning Method to Improve Student Competence on the Understanding and Benefits of Online Business in Class XI BDP at SMK Budi Utomo 1 Way Jepara, using the 1 cycle class action research method. Based on the results of the research and observations obtained from the research, it shows that the results of the researchers' observations on teacher activities in maintaining and enhancing the learning atmosphere that leads to the discovery method (Discovery), have reached the success criteria of 90.0% in the very good category. This means that the criteria for the success of the Online Business subject teacher activities in learning in cycle I have been successful. The results of this study also show that the application of the discovery method (Discovery) has a positive impact on online business learning outcomes on the meaning and benefits of online business in class XI BDP SMK Budi Utomo 1 Way Jepara in the 2020/2021 school year. This can be seen from the acquisition of student scores on the test in the form of a psychomotor assessment with an average score of students fulfilling the KKM score of 75, as evidenced by the mean score of students obtained 79.8 with a percentage of completeness of 84%.
Keywords: Discovery Learning, Action Research, Student Competency