PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN PELUANG SUATU KEJADIAN MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER

Authors

  • Ahmad Afifudin, S.Pd SMP Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek

Keywords:

prestasi belajar, peluang, Numbered heads together

Abstract

Abstrak
Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memberikan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya matematika justru dianggap sebagai sesuatu yang sangat menakutkan bagi siswa. Berawal dari permasalahan ini maka perlu adanya perubahan dalam pembelajaran sehingga asumsi buruk tentang matematika sedikit demi sedikit akan hilang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatkan hasil belajar matematika materi menentukan peluang suatu kejadian melalui metode Numbered heads together pada siswa kelas VIII-F Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMPN 1 Pogalan?†Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran obyektif mengenai peningkatkan hasil belajar matematika materi menentukan peluang suatu kejadian melalui metode Numbered heads togetherpada siswa kelas VIII-F Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMPN 1 Pogalanâ€.Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70.29 pada siklus II sebesar 87.06. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata 16.77. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 67.65% dan pada siklus II sebesar 97.06%.Ketuntasan belajar secara klasikal terjadi peningkatan sebesar 29.41%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Numbered heads togetherdapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi menentukan peluang suatu kejadian melalui pada siswa kelas VIII-F semester I tahun pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Pogalan. Untuk itu disarankan kepada guru agar menerapkan berbagai model pembelajaran yang relevan dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik siswa.
Kata Kunci : prestasi belajar, peluang, Numbered heads together

Abstract

Mathematics is a science that plays an important role in everyday life. But in fact, mathematics is actually considered something that is very scary for students. Starting from this problem, there needs to be a change in learning so that bad assumptions about mathematics will gradually disappear. The formulation of the problem in this study is "How to improve mathematics learning outcomes in determining the probability of an event through the Numbered heads together method in class VIII-F Semester 1 students of the 2017/2018 academic year at SMPN 1 Pogalan?" The purpose of this study is to find an objective description of improving mathematics learning outcomes, determining the probability of an event through the Numbered heads together method in class VIII-F Semester 1 students of the 2017/2018 academic year at SMPN 1 Pogalan â€. The results of this study are the average value in the first cycle of 70.29 in the second cycle of 87.06. This means that there is an increase in the average value of 16.77. The percentage of classical learning completeness in the first cycle was 67.65% and the second cycle was 97.06%. Classical mastery learning increased by 29.41%. Based on the results of research that has been carried out for two cycles, it can be concluded that the Numbered heads together learning method can improve Mathematics learning outcomes, the material determines the chance of an event through the students of class VIII-F semester I of the 2017/2018 school year of SMP Negeri 1 Pogalan. For this reason, it is suggested that the teacher apply various learning models that are relevant to the characteristics of the subject matter and the characteristics of students.
Keywords: achievement, opportunity, numbered heads together

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-17

How to Cite

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN PELUANG SUATU KEJADIAN MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER. (2020). JURNAL KOULUTUS, 3(2), 145-156. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/409