PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PPKN BERBASIS ILMU HUKUM TENTANG PENISTAAN AGAMA DALAM MENUMBUHKAN CIVIC DESPOSITION SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH
Keywords:
Pengembangan Bahan Ajar, Civic Desposition, Penistaan agamaAbstract
Abstrak
Pendidikan Kewarganegaran sangat terhubung dengan ilmu hukum baik pidana maupun perdata. Salah satu materi yang terhubung dengan hukum adalah materi penistaan agama yang saat penelitian ini dilakukan sedang viral di internet. Siswa kelas 7 Madrasah Tsanawiyah ternyata juga sudah mengetahui penistaan agama yang sedang ramai dibicarakan tetapi mereka masih belum tahu bagaimana menyikapinya sesuai dengan sikap kewarganegaraan (Civic Disposition). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tersebut dengan cara mengembangkan civic disposition melalui materi penistaan agama. Materi yang dikembangkan membahas tentang definisi penistaan agama, contoh penistaan agama dan konsekuensi hukum penistaan agama. Penelitian ini merupakan model penelitian pengembangan yaitu: analyze, design, development, implementation, and evaluation. Hasil validasi dan studi kelayakan (83.3%) menunjukan bahwa materi penistaan agama layak untuk disampaikan kepada siswa kelan 7 MTs. Hasil evaluasi menunjukan bahwa civic desposition siswa tumbuh setelah mendapatkan materi penistaan agama
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Civic Desposition, Penistaan agama
Abstract
Civic has tight relation with law both criminal and civil case. One of the materials that has tight relation with law is religion insulting. This research was done when a religion insulting got viral in the internet. Students of grade 7 have known about the insulting case but they didn’t know how to respond as civic disposition. This research is aimed to increase this character through a religion insulting materials. The material was developed using analyze, design, development, implementation, and evaluation (ADDIE). The result of validation and proper test shows that the
religion insulting material is roper to be taught to the students of grade 7. The evaluation result shows that the students’ civic disposition increases after learning the religion insulting material.
Key Words: teaching materials development, civic disposition, religion insulting