STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS ANTARA SISWA BELAJAR MANDIRI DENGAN LKS, LCD DAN KONVENSIONAL DI SMPN 2 KAMAL KABUPATEN BANGKALAN
Keywords:
Pembelajaran LKS, LCD, Konvensional, Prestasi belajar, IPSAbstract
ABSTRAK
Peningkatan sumber daya manusia merupakan salah satu prioritas program pembangunan nasional. Strategi yang paling efektif dalam peningkatan sumber daya manusia adalah melalui pendidikan. Pembelajaran dilakukan baik secara konvensional maupun dengan berbagai cara seperti LKS dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa melalui belajar mandiri dengan LKS, dengan LCD maupun secara konvensional. Sebagai obyek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Kamal sejumlah 120 siswa dari tiga kelas. Data hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan analisa statistik rumus Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS baik melalui belajar mandiri dengan LKS, LCD maupun pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan kumpulan tersebut diharapkan akan menjadi panduan bagi guru IPS dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran di kelas, sehingga akan dapat mencapai prestasi yang optimal. Dalam upaya peningkatan kualitas guru perlu dilakukan kegiatan melalui berbagai cara seperti penataran, MGMP dan sebagainya.
Kata Kunci: Pembelajaran LKS, LCD, Konvensional, Prestasi belajar, IPS.
ABSTRACT
The increase of human resource is one of the national developments. The most effective way of human resource is through education. The learning process must be done well conventionally or other ways like providing good worksheet or other ways. The research is aimed to know the different learning achievement trough independent learning with worksheet and LCD projector or conventional. The objects of the research were 120 students of Junior High School 2 Kamal from three classes. The data was analyzed using Anova statistic formula. The result shows the significant difference in studying achievement on social science subject trough independent studying with worksheet, LCD or conventional. The result of this research is hoped to become guidance for the social science teachers to do teaching learning process in the class so that the optimal achievement is gained. In order to increase teacher quality, the workshop about how to maximize worksheet, LCD and guidance of how learn independently may be organized.
Key words: Worksheet learning, LCD, conventional, studying achievement, Social Science