KEEFEKTIFAN MENYUSUN TEKS DISKUSI BERMUATAN MULTIKULTURAL MELALUI MODEL INKUIRI SOSIAL DAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMPN JATIKALEN NGANJUK
Keywords:
keefektifan, teks diskusi, mutikultural, inkuiri sosial, inkuiri terbimbingAbstract
Abstrakkajian ilmiah dalam tulisan ini adalah analisis keekfaktifan pembelajaran menyusun teks diskusi bermuatan multikultural menggunakan model inkuiri sosial pada siswa kelas VIII SMP Jatikalen Nganjuk, dan model pembelajaran inkuiri pada siswa yang digunakan peneliti untuk menganalisis keefektifan pembelajaran menyusun teks diskusi bermuatan multikultural pada siswa kelas VIII SMP Jatikalen Nganjuk, dan cara peneliti menentukan perbedaan keefektifan hasil pembelajaran menyusun teks diskusi bermuatan multikultural menggunakan dua model pembelajaran inkuiri, yaitu inkuiri sosial dan model inkuiri terbimbing pada siswa kelas VIII SMP Jatikalen Nganjuk. Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah desain penelitian eksperimen semu atau nonequivalent control group design. Terdapat dua kelompok eksperimen dalam penelitian yang dilakukan ini, yaitu kelompok pertama menggunakan penerapan inkuiri sosial dan yang kedua menggunakan inkuiri terbimbing. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, model pembelajaran inkuiri sosial dan model pembelajaran inkuiri terbimbing, keduanya efektif digunakan dalam penerpan pembelajaran keterampilan menyusun teks diskusi dengan muatan multicultural. Namun, berdasarkan berjalannya kegiatan belajar dan hasil belajar siswa model pembelajaran inkuiri sosial lebih efektif dibandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri sosial lebih tepat diterapkan pada karakter siswa yang mandiri, namun model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tepat diterapkan pada siswa yang perlu bimbingan.
Kata kunci: keefektifan, teks diskusi, mutikultural, inkuiri sosial, inkuiri terbimbing
Abstract
The scientific discussion of this article is about the analysis of learning effectiveness using inquiry method in arranging learning texts with the multicultural theme to the Jatikalen junior high school of Nganjuk VII grade students. The inquiry method is used to guide the students to build multicultural texts. The method is used by the researcher to analyze the effectiveness of teaching. There are two models of inquiry used, the social model and guided model. The research designs are apparent experiment and nonequivalent control group design. The students are divided into two groups. The first is the group with social inquiry method and the second is the group with guided inquiry method. The both are effectively used in teaching the students of how to build multicultural texts. But, the social inquiry model is more effective than guided inquiry. The social inquiry method is proper for independence students while the guided inquiry method is proper for the students who need guidance.
Keywords: effectiveness, discussion texts, multicultural, social inquiry, guided inquiry