PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DAN KEAKTIFAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII-A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • MUTMAINNAH MUTMAINNAH SMP Negeri 6 Bangkalan

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keaktifan

Abstract

 

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dan keaktifan melalui model problem based learning pada siswa kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2017/2018; dan (2) Mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) dan keaktifan siswa kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, hasil observasi keterlaksanaan model PBL, dan hasil observasi keaktifan siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (71%), siklus II (79%), siklus III (92%).

Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keaktifan

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • MUTMAINNAH MUTMAINNAH, SMP Negeri 6 Bangkalan

    SMP Negeri 6 Bangkalan

Downloads

Published

2019-03-22

How to Cite

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DAN KEAKTIFAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII-A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. (2019). JURNAL KOULUTUS, 2(1), 96-107. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/203