PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI
Keywords:
Hasil belajar, Motivasi belajar siswa, perbedaan, discovery learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Discovery Learning
berpengaruh dan berhubungan terhadap hasil belajar siswa dan motivasi belajarnya. Sampel yang
digunakan, yakni siswa di kelas XI IPA SMAN 1 Bahorok, yang terdiri dari kelas XI MIA 1 adalah
kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 adalah kelas kontrol. Data survei penelitian ini terdiri dari skor
lembar observasi motivasi belajar serta hasil tes dari perbedaan pre-test dan post-test. Hasil penelitian
menyatakan bahwa hasil belajar dan motivasi belajar di kelas eksperimen dan kontrol dipengaruhi
oleh model pembelajaran. Kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning dengan
bantuan video animasi, sedangkan kelas kontrol menggunakan video animasi tanpa bantuan model.
Nilai mean tersebut menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen mempunyai hasil belajar dan
motivasi yang lebih tinggi dibandingkan siswa pada kelas kontrol. Data hasil pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung > t tabel = 12,47 > 2,036. Hasil motivasi belajar siswa
dengan menggunakan uji t menyatakan t hitung > t tabel = 2,58 > 2,036. Kesimpulannya, terdapat
hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar, seperti yang ditunjukkan oleh korelasi kelas
eksperimen yakni 0,681 dan korelasi kelas kontrol yakni 0,627.