MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN MARGOMULYO 1 NGAWI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK
Keywords:
Discovery Learning, Pop Up Book, Hasil Belajar, Kubus dan Balok, MatematikaAbstract
Masalah utama yang dialami kelas 5 di SDN Margomulyo 1 Ngawi adalah rendahnya hasil belajar pada materi kubus dan balok. Penyebabnya adalah minimnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan menarik, sehingga siswa cenderung pasif dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pencapaian belajar dengan menerapkan model Discovery Learning dengan media Pop Up Book sebagai alat bantu visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai meningkat dari 54,28 pada pra siklus menjadi 85,81 pada siklus kedua. Penggunaan model Discovery Learning dengan Pop Up Book terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep kubus dan balok, serta memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran