IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS III SD NEGERI 4 PANGGANG JEPARA

Authors

  • Maziyyatul Mutsiroh Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muh Muhaimin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Keywords:

Metode Montessori, Kemandirian Belajar

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dalam suatu pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan metode Montessori dalam membentuk karakter kemandirian pada siswa kelas III C SD Negeri 4 Panggang Jepara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Metode analisis yang digunakan ialah analisis antar peristiwa (crossite analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Montessori tidak dapat membentuk karakter kemandirian siswa.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Mutsiroh, M., & Muh Muhaimin. (2024). IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS III SD NEGERI 4 PANGGANG JEPARA. JURNAL KOULUTUS, 7(2), 158–163. Retrieved from https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/1263