GAYA BAHASA, IMAJI, DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SERTA RELEVANSI SEBAGAI MATERI AJAR DI SMA

Authors

  • Ifa Chairin Ananda Universitas Sebelas Maret
  • Kundharu Saddhono Universitas Sebelas Maret
  • Slamet Mulyono Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Gaya Bahasa, Imaji, Nilai Pendidikan Karakter, Materi Ajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pengumpulan data berupa dokumen lirik lagu setelah itu dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) analisis gaya Bahasa pada lirik lagu album Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya karya Nadin Amizah; (2) analisis imaji pada lirik lagu album Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya karya Nadin Amizah; (3) analisis nilai Pendidikan karakter pada lirik lagu album Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya karya Nadin Amizah; dan (4) pemanfaatan gaya Bahasa, imaji dan nilai Pendidikan karakter pada lirik lagu album Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya karya Nadin Amizah sebagai materi ajar teks puisi kelas X SMA. Berdasarkan penelitian yang dilakukan lirik lagu album “Untuk Dunia Cinta dan Kotornya” karya Nadin Amizah dapat ditemukan 16 macam gaya bahasa. Gaya bahasa tersebut yaitu Aliterasi (8,8%), Asonansi (20,2%), Anaphora (3,7%), Epizeukis (3,7%), Metonimia (0%), Paralelisme (11,3%), Asindeton (1,2%), Polisindeton (3,7%), Alegori (3,7%), Simile (1,2%), Metafora (2,5%), Personifikasi (10,1%), Hiperbola (7,5%), Litotes (10,1%), Inuendo (6,3%), Sarkasme (5,0%). Rincian gaya bahasa yang digunakan paling banyak digunakan pada lirik lagu tersebut adalah gaya bahasa asonansi. Kemudian 7 macam imaji. Imaji tersebut Imaji penglihatan (18,5%), imaji pendengaran (11,1%), imaji penciuman (7,4%), imaji pencecapan (3,7%), imaji gerak (27,7%), imaji intelektual (9,2%), dan imaji perabaan (22,2%). Rincian imaji yang paling banyak digunakan pada lirik lagu tersebut adalah imaji gerak. Selanjutnya 5 komponen nilai pendidikan karakter sebagai berikut Nilai Religius (24%), Nilai Nasionalis (20%), Nilai Mandiri (28%), Nilai Gotong Royong (4%), Nilai Integritas (24%). Rincian nilai pendidikan karakter pada lirik lagu tersebut yang paling banyak digunakan adalah nilai mandiri. Serta analisis gaya bahasa, imaji dan nilai pendidikan karakter pada lirik lagu tersebut dapat direlevansikan sebagai materi ajar bahasa Indonesia di SMA.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Chairin Ananda, I. ., Saddhono, K., & Mulyono, S. (2024). GAYA BAHASA, IMAJI, DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SERTA RELEVANSI SEBAGAI MATERI AJAR DI SMA. JURNAL KOULUTUS, 7(2), 137–156. Retrieved from https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/1228