ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM BUDAYA LITERASI DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nur Fadlilah Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Universitas PGRI Semarang
  • Istiqomah SDN Bugangan 02 Semarang
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Literasi, Minat Membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran program budaya literasi dalam meningkatkan minat baca pada siswa tingkat sekolah dasar. Program budaya literasi ini dirancang untuk meningkatkan minat baca siswa melalui program klinik membaca dan sudut baca, yang akan dievaluasi implikasinya terhadap peningkatan minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, dengan siswa sebagai objek observasi dan guru sebagai responden wawancara. Data dikumpulkan dari siswa, kepala sekolah, dan guru kelas satu sampai kelas enam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program budaya literasi, efektif dalam meningkatkan minat baca siswa, terutama ketika didukung dengan penuh oleh guru dan mendapat dukungan dari orang tua/wali murid. Diharapkan penelitian ini dapat menginspirasi pembaca untuk mengadopsi praktik serupa dalam upaya meningkatkan minat baca, sebagaimana yang dilakukan oleh SD Negeri Bugangan 02 melalui pendekatan budaya literasinya.

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Nur Fadlilah, Wuryandini , E. ., Istiqomah, & Sulianto, J. (2024). ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM BUDAYA LITERASI DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL KOULUTUS, 7(2), 165–179. Retrieved from https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/1223