IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS

Authors

  • Salsabila Diltianingsih Universitas PGRI Semarang
  • Siti Patonah Universitas PGRI Semarang
  • Andy Suyitno SDN Pedurungan Kidul 02 Kota Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pembelajaran berdiferensiasi, Problem Based Learning

Abstract

Ki Hajar Dewantara menegaskan bahwa tujuan pendidikan adalah memandu anak-anak ke segala kodrat supaya mereka dapat memperoleh tingkat keselamatan dan kebahagiaan tertinggi sebagai individu dan kelompok masyarakat. Dalam setiap kelas memiliki peserta didik yang berbeda karakteristik, dari segi latar belakang, minat, gaya belajar, dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda sehingga dibutuhkan pembelajaran berdiferensiasi yang dapat mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membagikan implementasi pembelajaran diferensiasi pada kelas V Sekolah Dasar yang diharapkan dapat memberikan manfaat tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SDN Pedurungan Kidul 02. Pembelajaran berdiferensiasi yang diimplementasikan adalah berdiferensiasi konten dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penulis melakukan pengelompokan belajar berdasarkan gaya belajar melalui asesmen awal yang dilakukan sebelum pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran berdiferensiasi konten melalui model PBL berjalan dengan baik, peserta didik merasa senang dan antusias selama mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran PBL mendukung pembelajaran berdiferensiasi karena dapat memperluas kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Diltianingsih, S., Patonah, S., Suyitno, A., & Ayu Nyoman, N. . (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS. JURNAL KOULUTUS, 7(2), 181–194. Retrieved from https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/1219