PROSES AKREDITASI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN SERANG DALAM RANGKA PENGEMBANGAN DAN PENJAMINAN MUTU SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL
Keywords:
Akreditasi, Penjaminan Mutu, Pendidikan NonformalAbstract
Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Serang menjamin kualitas pendidikan yang bermutu dibuktikan dengan capaian akreditasi A, yang merupakan hasil dari proses penilaian pendidikan mereka melalui proses akreditasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami proses yang ditempuh oleh SKB Kabupaten Serang dalam mendapatkan dan mempertahankan status akreditasi A mereka. Penelitian memakai metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kajiannya bahwasanya upaya yang dilaksanakan SKB Kabupaten Serang agar mendapatkan akreditasi A adalah berjalan sesuai dengan delapan SNP, mempunyai SOP dalam penyelenggaraan pendidikan, memberikan pelayanan terbaik, serta memiliki program kerja yang efektif. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mempertahankan akreditasi A adalah dengan evaluasi, menerima saran dan kritikan, serta meningkatkan kualitas pembelajaran.