KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) UNTUK MATERI STATISTIKA

Authors

  • Elvina Mujirahayu Universitas Bhinneka PGRI
  • Ratri Candra Hastari Universitas Bhineka PGRI Tulungagung

Keywords:

Krulik-Rudnick, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika sangat penting namun tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa menurut Krulik dan Rudnick dengan kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada penerapan PBL materi statistika. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII. Jenis instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi, soal tes kemampuan pemecahan masalah, dan lembar pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik dan sumber. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada KAT-1, KAT-2, KAS-1, KAS-2, KAR-1 dan KAR-2 dapat memenuhi indikator pada semua tahapan langkah Krulik-Rudnick melalui wawancara. Subjek KAT-1, KAT-2, KAS-1, KAS-2, dan KAR-2 dapat memenuhi indikator pada semua tahapan langkah Krulik-Rudnick melalui tes tulis. Sementara pada KAR-1 tidak dapat memenuhi indikator pada tahapan langkah Krulik-Rudnick melalui tes tulis.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Mujirahayu, E., & Candra Hastari, R. . (2024). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) UNTUK MATERI STATISTIKA. JURNAL KOULUTUS, 7(2), 108–125. Retrieved from https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/1195