PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SDN KARANGREJO 02
Keywords:
Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Problem Based LearningAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata
pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model problem-based learning
di kelas IV SDN Karangrejo 02. Subjek studi ini ialah kelas IV SDN Karangrejo
02 yang terdiri dari 25 peserta didik diantaranya 13 laki-laki serta 12 perempuan.
Metode pada studi ini ialah PTK. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan
ialah observasi, tes, serta dokumentasi. Pada pra siklus nilai rata-rata kelas 65,6,
di siklus I menjadi 72,2 dan di siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,6.
Dengan kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran di kelas IV ialah 75. Ketuntasan
pada pra siklus 56%, siklus I menjadi 76% serta siklus II meningkat menjadi
92%. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ini
bisa memberi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 dalam
amta pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia; Hasil Belajar; Problem Based Learning