PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SDN KARANGREJO 02

Authors

  • Novita Zaeni Universitas PGRI Semarang
  • M. Saifuddin Zuhri Universitas PGRI Semarang
  • Chadwan Dwi Yoganingsih SDN Karangrejo 02

Keywords:

Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata
pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model problem-based learning
di kelas IV SDN Karangrejo 02. Subjek studi ini ialah kelas IV SDN Karangrejo
02 yang terdiri dari 25 peserta didik diantaranya 13 laki-laki serta 12 perempuan.
Metode pada studi ini ialah PTK. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan
ialah observasi, tes, serta dokumentasi. Pada pra siklus nilai rata-rata kelas 65,6,
di siklus I menjadi 72,2 dan di siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,6.
Dengan kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran di kelas IV ialah 75. Ketuntasan
pada pra siklus 56%, siklus I menjadi 76% serta siklus II meningkat menjadi
92%. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ini
bisa memberi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 dalam
amta pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia; Hasil Belajar; Problem Based Learning

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Zaeni, N. ., Saifuddin Zuhri, M. ., & Dwi Yoganingsih, C. . (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SDN KARANGREJO 02. JURNAL KOULUTUS, 6(2). Retrieved from https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/1136