Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsumen terhadap Minat Beli Produk Susu

Authors

  • Nastiti Winahyu Universitas Islam Kadiri
  • Erlin Widya Fatmawati Universitas Islam Kadiri
  • Navita Maharani Universitas Islam Kadiri
  • Retna Dewi Lestari Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.51158/agriovet.v6i1.1026

Keywords:

konsumen, konsumsi, minat beli, susu, uji wald

Abstract

Susu merupakan salah satu produk hasil peternakan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Perkembangan konsumsi susu di Indonesia masih perlu untuk ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap minat beli produk susu. Minat digambarkan secara deskriptif yang dilengkapi dengan analisis faktor menggunakan uji wald dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden mengonsumsi produk susu dalam susu full cream/cair. Kesediaan membayar dari beberapa jenis produk susu disesuaikan dengan kualitas dan ukuran produk. Faktor yang berpengaruh positif pada minat beli produk susu yaitu variabel kualitas, keamanan, dan gaya hidup. Sedangkan faktor yang berpengaruh negatif yaitu variabel harga. Semakin ekonomis harga yang ditetapkan maka minat beli dapat meningkat.

Author Biographies

  • Nastiti Winahyu, Universitas Islam Kadiri

    Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kadiri

  • Erlin Widya Fatmawati, Universitas Islam Kadiri

    Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kadiri

  • Navita Maharani, Universitas Islam Kadiri

    Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kadiri

  • Retna Dewi Lestari, Universitas Duta Bangsa Surakarta

    Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Duta Bangsa Surakarta

Downloads

Published

2023-10-20