PENDAMPINGAN PENYUSUNAN METODE PEMBELAJARAN INSTRUCTIONAL DESIGN BAGI GURU DI ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL PSM KEDIRI

Authors

  • Yopi Arianto Universitas Kahuripan Kediri
  • Nia Agus Lestari Universitas Kahuripan Kediri
  • Imam Suhaimi Universitas Kahuripan Kediri
  • Chitra Dewi Yulia Christie Universitas Kahuripan Kediri
  • Choirul Hana Universitas Kahuripan Kediri
  • Yesy Kusumawati Universitas Kahuripan Kediri
  • Rini Ratna Nafita Sari Sari Universitas Kahuripan Kediri

Keywords:

Pembelajaran Efektif, Instructional Design, Guru

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan pendampingan  pembuatan materi pembelajaran efektif dengan menyusun instructional design dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan di Islamic International School PSM Kediri. Sasaran kegiatan ini adalah guru SD dan SMP dengan metoede pelaksanaan melalui ceramah pada saat penyajian materi dan pendampingan pada saat penyusunan instructional design. Selama kegiatan berlangsung, peserta antusias menyimak materi yang disampaikan, banyak dari mereka yang memberikan pertanyaan kepada pemateri terutama pada saat penyusunan instructional design. Setelah dilakukan pendampingan dilakukan evaluasi kepada peserta untuk mengetahui pemahaman dari materi yang disampaikan. Dari evaluasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa guru yang mengikuti kegiaan sebanyak 20 orang mengalami peningkatan pengetahuan terhadap instructional design sebesar 30%. Dapat terlihat dari selisih nilai pre test sebesar 55% dan nilai post test sebesar 85%. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatnya  motivasi dari para peserta serta pengetahuan tentang instructional design. Disarankan agar peserta memiliki komitmen untuk  mengimplementasikan pengetahuan yang telah dimiliki untuk menciptakan pembelajaran yang efektif serta menyenangkan bagi siswa dan siswi Islamic International School PSM Kediri.

Author Biographies

  • Yopi Arianto, Universitas Kahuripan Kediri

    Prodi Teknik Informatika, Universitas Kahuripan Kediri

  • Nia Agus Lestari, Universitas Kahuripan Kediri

    Prodi Ãgroteknologi, Universitas Kahuripan Kediri

  • Imam Suhaimi, Universitas Kahuripan Kediri

    Prodi Agribisnis, Universitas Kahuripan Kediri

  • Chitra Dewi Yulia Christie, Universitas Kahuripan Kediri

    Prodi Ãgroteknologi, Universitas Kahuripan Kediri

  • Choirul Hana, Universitas Kahuripan Kediri

    Prodi Akuntansi, Universitas Kahuripan Kediri

  • Yesy Kusumawati, Universitas Kahuripan Kediri

    Prodi Manajemen, Universitas Kahuripan Kediri

  • Rini Ratna Nafita Sari Sari, Universitas Kahuripan Kediri

    Prodi Manajemen, Universitas Kahuripan Kediri

References

Batubara, Fitri Amaliyah. 2018. Desain Instruksional (Kajian Terhadap Komponen Utama Strategi Instruksional dan Penyusunannya). Al-Hadi 3 (2); 2018.

Ruliah., Bahar., Pratiwi, A. P. 2021. Pengembangan Desai Pembelajaran Sistem Basis Data. Jurnal Instruksional 2 (2); 2021.

Suparman, Atwi. 2012. Desain Instruksional Moderen, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta, Kencana Prenada Media Grup.

Wragg, E.C. 2012. Classroom Teaching Skill. Nicholas Publishing Company (Belajar dan Pembelajaran). Bandung: ALFABETA

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles