E-MARKETING PADA UMKM TRIOJAYA SNACK DESA SANANREJO KECAMATAN TUREN
DOI:
https://doi.org/10.51158/abdikmas.v2i1.643Keywords:
E-Marketing, Trio JayaAbstract
Pembatasan social dan penutupan akses menuju wilayah tertentu berdampak pada menurunnya aktivitas yang bersifat social, bertemu, bersapa dan melakukan transaksi penjualan, tentu ini sangat berdampak besar terhadap aktivitas ekonomi, berhentinnya kegiatan industry karena tidak adanya pembelian, berbagai toko-toko besar dan mall-mall tutup total karena dilarang melakukan transaksi secara lansung yang mengakibatkan pada pemberhentian karyawan (pengangguran dimana-mana). Permasalahan mitra adalah : 1) Minimnya tenaga pemasar dan 2) Konsumen baru tidak ada karena ada pembatasan social dimana-mana, sedangkan solusi yang ditawarkan adalah : 1) Minimnya tenaga pemasaran saat ini bisa disiasati dengan Tenaga Ahli AT yang bertugas untuk melakukan penjualan secara online dan 2) Membuat Web promotion dan melakukan berbagai promosi melalui media online seperti Media Facebook, Sophee, bukalapak dan lain sebagainya. Simpulannya adalah : 1) Hasil penelitian Pemasaran menggunakan media online menurut mitra dirasa cukup baik untuk dapat meningkatkan omset penjualan dan melakukan penjaringan terhadap pelanggan baru, 2) Penggunaan Web promotion pada Trio Jaya Snack diharapkan mampu memberikan sarana kepada para pelanggan dan calon pelanggan untuk dapat melihat dan mengetahui lebih dekat perusahaan tersebut dan berbagai produk yang dihasilkan
Abstract
Social restrictions and closure of access to certain areas have an impact on decreasing social activities, meeting, greeting and conducting sales transactions, of course this has a huge impact on economic activity, the cessation of industrial activities due to the absence of purchases, various large shops and malls closed completely because it is prohibited to conduct transactions directly that result in employee termination (unemployment everywhere). Partner problems are: 1) Lack of marketers and 2) There are no new consumers because there are social workers everywhere, while the solutions offered are: 1) The current lack of marketing personnel can be circumvented by AT experts who are important to make sales online and 2) Create Web promotion and carry out various promotions through online media such as Facebook Media, Sophee, Bukalapak and so on. The conclusions are: 1) The results of marketing research using online media according to partners are considered good enough to be able to increase sales turnover and conduct screening of new customers, 2) The use of Web promotion at Trio Jaya Snack is expected to be able to provide a means for customers and prospective customers to be able to see and get to know more about the company and the various products it produces
References
Hsu, Y. L. (2012). Facebook as international eMarketing strategy of Taiwan hotels. International Journal of Hospitality Management, 31(3), 972–980. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2011.11.005
Sheth, J. N., & Sharma, A. (2005). International e-marketing: Opportunities and issues. International Marketing Review, 22(6), 611–622. https://doi.org/10.1108/02651330510630249