Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.51158/9m8thc67Keywords:
Artikel Ilmiah, PublikasiAbstract
Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh dosen dalam menunjang peningkatan karir dosen, yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Fokus pada kegiatan pengabdian ini adalah untuk menunjang dan mendorong para dosen baru di lingkungan Universitas Negeri Makassar Prodi Administrasi Bisnis dalam hal menulis dan publikasi artikel ilmiah. Pengalaman dengan latar belakang yang berbeda dan kurangnya informasi dan pengetahuan tentang penulisan dan publikasi artikel ilmiah menjadi latar belakang dari kegiatan pengabdian ini. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yakni (1) tahap perencanaan, dengan identifikasi masalah dan penentuan materi, (2) tahap pelaksanaan dengan presentasi dan diskusi, (3) tahap evaluasi dengan mengadakan kuis singkat dan review artikel jurnal yang sudah dipublikasikan. Dengan adanya kegiatan ini para dosen menjadi lebih termotivasi dan memiliki pengetahuan bagaimana menulis artikel ilmiah yang baik, dan juga mengetahui proses publikasi artikel ilmiah. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman dosen baru terhadap penulisan artikel ilmiah sebesar 90% berdasarkan hasil kuis dan review.
Downloads
References
Amaliyah. (2019). Program kemitraan masyarakat: Peningkatan kemampuan penulisan karya ilmiah dan teknik publikasi di jurnal internasional. Intervensi Komunitas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–56.
Aziz, A. (2020). Penggunaan e-learning sebagai media dalam prose belajar bahasa inggris di Universitas Darwin Ali Sampit. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(1).
Boyer, E. L. (1990). Scholarship reconsidered: Priorities of the professoriate. Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching.
Erpidawati & Novelti. (2021). Pelatihan pemanfaatan teknologi google drive dan blogs bagi pengawas sekolah dasar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 330–334. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5348
Hariguna, T., Muflikhatun, S., & Ramadani, N. C. (2022). Pelatihan peningkatan mutu penulisan karya ilmiah di Universitas Amikom Purwokerto. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 4(2).
Hariguna, T., Waluyo, R., Muflikhatun, S., & Ramadani, N. C. (2023). Pelatihan penulisan karya ilmiah standar internasional pada dosen Universitas Amikom Purwokerto. Community Decelopment Journal, 4(6).
LaPlaca, P., Lindgreen, A., & Vanhamme, J. (2018). How to write really good articles for premier academic journals. Industrial Marketing Management, 68, 202–209. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2017.11.014
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Seldin, P. (1997). The teaching portfolio: A practical guide to improved performance and promotion/tenure decisions. Anker Publishing Company.
Sulastri, A. (2017). Peningkatan keterampilan menulis deskripsi malalui penggunaan media gambar berseri di kelas IV SD Negeri 01 Daya Asri Kabupaten Tulang Bawang Barat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13050
Susilo, A., Satinem, Y., & Erwandi, R. (2024). Pendampingan dalam upaya peningkatan publikasi bagi dosen Universitas PGRI Silampari. Madaniya, 5(2), 368–377.




