Analisis Terhadap Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Keputusan Pembelian Produk Sambal Mbok De
Analisis Terhadap Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Keputusan Pembelian Produk Sambal Mbok De
DOI:
https://doi.org/10.51158/tecnoscienza.v7i1.813Keywords:
Keputusan Pembelian, Sambal Mbok De, 4P (Produk, Harga, Tempat dan PromosiAbstract
Pola makan orang - orang Indonesia berefek pada bagaimana mengkonsumsi jenis
makanannya. Orang - orang Indonesia akan memilih jenis makanan yang berkualitas,
sehat, dan ekonomis. Sambal Mbok De adalah salah satu jenis makanan pendamping
yang dapat disajikan secara praktis, selain sehat dan ekonomis sebagai dasar dalam
memilih aneka makanan yang akan dikonsumsinya. Makanan dengan cita rasa pedas
adalah ciri khas sebagian besar masakan orang-orang Indonesia, oleh karena itu sambal
Mbok De menjadi pilihan tepat sebagai pelengkap makanan agar lebih lezat. Sehingga
sambal Mbok De ini sebagai alternatif bagi orang – orang Indonesia sebagai makanan
pendamping, selain tahan lama dan dapat simpan sambal Mbok De ini sangat praktis
untuk dikonsumsi dimana dan kapan. Dalam mengambil keputusan pembelian,
konsumen menggunakan parameter 4P (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Sehingga
dalam penelitian ini, peneliti akan menganalisa parameter mana yang berdampak kuat
terhadap keputusan pembelian sambal Mbok De. Penelitian ini memakai pendekatan
kuantitatif dengan kategori riset yang dipakai adalah explanatory research yang berguna
mengetahui hubungan keterkaitan antar variabel yang satu dan variabel lainnya.
Hubungan keterkaitan riset ini adalah hubungan keterkaitan antar variabel 4P
(independen) dan variabel keputusan pembelian (dependen). Untuk mendapatkan
besarnya keterkaitan hubungan tersebut maka dilakukan analisis regresi linier berganda.