Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Weighted Product pada Manajemen Bimbingan Konseling SMA Negeri 1 Rejoso
DOI:
https://doi.org/10.51158/tecnoscienza.v6i1.559Keywords:
penilaian, pelanggaran, sistem, pendukung, keputusanAbstract
Penanganan Bimbingan Konseling di SMA Negeri 1 Rejoso Nganjuk berpedoman pada data Pedoman Penilaian Kepribadian Siswa yang berisi acuan nilai-nilai pelanggaran. Selama ini kejadian setiap pelanggaran siswa dicatat pada berkas Microsoft Excel dan diberi nilai sesuai poin pelanggarannya dan kemudian dijumlahkan. Hasil jumlahan nilai ini kemudian dibawa ke forum rapat para guru dan Kepala Sekolah (atau yang mewakili Kepala Sekolah) untuk menentukan tindakan pihak sekolah kepada para siswa yang melanggar. Tujuan dari penelitian ini adalah sekolah dapat memberikan keputusan untuk mempertahankan siswa untuk dibimbing ataupun mengeluarkan siswa karena pelanggarannya sudah tidak dapat lagi diberi toleransi. Dalam membangun sistem ini peneliti menggunakan metode Weighted Product untuk membuat sistem pendukung keputusan penilaian kepribadian siswa. Kriteria yang diambil dalam menerapkan metode Weighted Product pada sistem ini adalah biaya kelakuan, kerajinan, kerapian, dan kebersihan. Dari percobaan sistem oleh 13 responden, didapatkan 10 responden yang menyatakan puas dengan kesimpulan yang ditawarkan oleh sistem, sehingga akurasi sistem dapat dinyatakan sebesar 76,9%.