Pemanfaatan Algoritma K-Means Clustering dalam Mengolah Pengaruh Hasil Belajar Terhadap Pendapatan Orang Tua Pada Mata Pelajaran Produktif
DOI:
https://doi.org/10.51158/tecnoscienza.v6i1.530Keywords:
K-Means, Student, Data MiningAbstract
Tingginya tingkat keberhasilan siswa dan rendahnya tingkat kegagalan siswa merupakan cemin kualitas dunia pendidikan. Dunia pendidikan saat ini dituntut untuk memiliki kemampuan bersaing dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki. Selain sumber daya manusia dan sistem informasi, sarana dan prasarana merupakan salah satu sumber daya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan barsaing. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui hasil clusterisasi pada data Hasil belajar siswa dengan pemanfaatan algoritma K-Means Clustering untuk pengambilan kebijakan strategi dalam proses pembelajaran. Untuk Algoritma K-Means Clustering, data dikelompokkan berdasarkan karateristik yang sama dan dimasukkan kedalam kelompok atau cluster. Informasi yang akan ditampilkan berupa pengelompokan pengaruh hasil belajar siswa dan dibagi menjadi 3 kelompok. Hasil akhir dari penelitian ini bahwa dengan menggunakan Algoritma K-Means Clustering adalah kelompok siswa yang termasuk mendapatkan hasil kurang rata rata orang tua mendapatkan penghasilan pas-pasan ,dan siswa yang mendapatkan hasil baik orang tua siswa adalah golongan dari orang mampu karena untuk menunjang nilai prdofuktif diperlukan alat-alat praktikum yang memadai dan siswa dapat menguasai terlebih kamera dan alat video recorder , sedangkan siswa yang masuk kedalam kelompok sedang orang tua berpenghasilan standar yaitu golongan menengah.