Pengembangan Desain Mesin Opak Jepit yang Ergonomis dan Sesuai Keinginan Konsumen dengan Metode Quality Function Deployment (QFD)

  • Siswadi Siswadi Universitas Wijaya Putra
  • Alfi Nugroho Universitas Wijaya Putra

Abstract

Opak Jepit merupakan produk makanan ringan tradisional. Salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memproduksi Opak Jepit yaitu UMKM yang ada di Wonoayu Sidoarjo. produksi opak sebagian besar masih belum memanfaatkan Teknologi Tepat Guna (TTG), sehingga proses produksi kurang efisien dan hasil produksi juga kurang maksimal. Beberapa UMKM Opak di daerah Wonoayu ada yang mulai mencoba menggunakan mesin, namun UMKM tersebut kembali ke proses manual dengan tangan tanpa mesin karena mesin yang ada di pasaran dirasa kurang ergonomis seperti terasa capek punggung dan pegal di tangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan desain mesin pembuat opak jepit yang ada dipasaran yang lebih ergonomis untuk mengurangi cidera ringan dan dibuat sesuai dengan keingginan pengguna atau UMKM agar produktivitas meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode Quality Function Deployment (QFD) dengan membuat House of Quality (HOQ). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan juga pengisian kuesioner. Hasil penelitian menghasilkan pengembangan desain mesin Opak Jepit yang mempertimbangkan keinginan konsumen berdasarkan urutan prioritas terbesar mulai atribut desain mesin yang tahan lama dengan bobot bobot 0,199 dan prioritas terakhir yaitu pada atribut mudah dibersihkan dengan bobot 0,048. Hasil penentuan urutan prioritas atribut respon teknis yaitu pada atribut bentuk dan ukuran ergonomis dengan skor nilai keterkaitan terbesar yaitu skor 39, prioritas terakhir atribut respon teknis pada atribut pegas pembuka cetakan dan pemanas menggunakan listrik dengan nilai keterkaitan  skor 1.


Kata kunci: UMKM, TTG, QFD, HOQ

Author Biographies

Siswadi Siswadi, Universitas Wijaya Putra

Program Studi Teknik Mesin, Universitas Wijaya Putra

Alfi Nugroho, Universitas Wijaya Putra

Program Studi Teknik Mesin, Universitas Wijaya Putra

Published
2021-04-04
How to Cite
SISWADI, Siswadi; NUGROHO, Alfi. Pengembangan Desain Mesin Opak Jepit yang Ergonomis dan Sesuai Keinginan Konsumen dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). JURNAL TECNOSCIENZA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 257-272, apr. 2021. ISSN 2615-3319. Available at: <https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/433>. Date accessed: 17 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.51158/tecnoscienza.v5i2.433.
Section
Articles