Aplikasi Diagnosa Penyakit Hama Tanaman Kakao Menggunakan Metode Certainty Factor Pada Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Gorontalo

  • Andi Bode Universitas Ichsan Gorontalo
  • Mohamad Efendi Lasulika Universitas Ichsan Gorontalo
  • Muh. Jabal Nur Universitas Ichsan Gorontalo

Abstract

Kakao merupakan komoditas yang diperdagangkan yang memiliki peluang untuk berkembang dan dapat berkembang serta menambah devisa negara. Tanaman kakao terserang berbagai hama dan penyakit, Hama dan penyakit tersebut dapat dilihat dari gejala yang ditimbulkannya, namun untuk mengetahui secara pasti jenis hama dan penyakit yang menyerang kakao diperlukan tenaga ahli / ahli pertanian. Sedangkan tenaga ahli pertanian yang jumlahnya terbatas dan tidak dapat sekaligus menyelesaikan permasalahan petani, sehingga diperlukan suatu aplikasi dengan kemampuan ahli yang berisi keahlian ahli pertanian tentang penyakit dan gejala tanaman kakao. Pada penelitian ini dirancang aplikasi diagnostik dengan menggunakan metode kepastian Certainty Factor dan metode inferensi Backward Chaining, dengan bantuan bahasa pemrograman PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) dan Basi Data MySQL. Aplikasi ini dirancang untuk membantu petani dalam mendiagnosis penyakit tanaman kakao.


Kata kunci: Certainty Factor, Hama dan Penyakit, Tanaman Kakao

Author Biographies

Andi Bode, Universitas Ichsan Gorontalo

Teknik Informatika, Agroteknologi, Universitas Ichsan Gorontalo

Mohamad Efendi Lasulika, Universitas Ichsan Gorontalo

Teknik Informatika, Agroteknologi, Universitas Ichsan Gorontalo

Muh. Jabal Nur, Universitas Ichsan Gorontalo

Teknik Informatika, Agroteknologi, Universitas Ichsan Gorontalo

Published
2021-04-01
How to Cite
BODE, Andi; LASULIKA, Mohamad Efendi; NUR, Muh. Jabal. Aplikasi Diagnosa Penyakit Hama Tanaman Kakao Menggunakan Metode Certainty Factor Pada Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Gorontalo. JURNAL TECNOSCIENZA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 173-184, apr. 2021. ISSN 2615-3319. Available at: <https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/403>. Date accessed: 17 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.51158/tecnoscienza.v5i2.403.
Section
Articles