STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS CV. TIRTA BENING SUMBER ALAMI TRENGGALEK

Authors

  • Muhammad Zuhdi Sasongko*1 Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Edy Djoko Suprayitno*2 Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

SWOT, TBSA, Trenggalek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan internal dan eksternal yang sedang terjadi pada bisnis CV. Tirta Bening Sumber Alami (TBSA) Kabupaten Trenggalek Propinsi Jawa Timur serta menyusun strategi pengembangan bisnis. Analisa lingkungan internal akan menganalisa tiap aspek di dalam lingkungan internal bisnis yaitu pemasaran, keuangan, produksi, dan sumber daya manusia. Sedangkan analisa lingkungan ekternal menggunakan analisa PEST yang berfokus pada faktor politik, ekonomi, sosial, dan teknologi, dan Porter’s Five Forces Analysis. Penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data primer berupa wawancara kepada beberap informan perusahan dan juga data sekunder yang berupa studi dokumen. Selanjutnya akan dilakukan analisa SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat). Dari analisa SWOT akan dibentuk matriks SWOT yang nantinya dapat merumuskan beberapa alternatif strategi bagi perusahaan.Hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang paling tepat bagi perusahaan adalah strategi intensif, yaitu pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan pengembangan produk.

Kata Kunci: SWOT, TBSA, Trenggalek

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Muhammad Zuhdi Sasongko*1, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Dosen Universitas Nusantara PGRI Kediri

  • Edy Djoko Suprayitno*2, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Dosen Universitas Nusantara PGRI Kediri

Downloads

Published

2017-12-18