Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT Serta Pendekatan IFAS dan EFAS Pada Rumah Sakit Mata Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.51158/tecnoscienza.v8i2.1204Keywords:
Strategi Pemasaran, SWOT, IFAS, EFASAbstract
Pemasaran merupakan posisi atau bagian yang sangat penting dalam perusahaan baik jasa atau produksi. Hal ini dikatakan karena pemasaran bisa memengaruhi terhadap kelancaran maupun keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya dan target pasarnya. Dalam menjalankan pemasaran perusahaan harus memahami strategi pemsaran. Apabila perusahaan tidak memahami strategi pemasaran maka sulit dalam meningkatkan pendapatan secara optimal. Salah satu nya Rumah Sakit Mata Pasuruan diamana instansi ini tidak memiliki sebuah strategi pemasaran sehingga memengaruhi pendapatan dan jumlah pasien yang datang, Penelitian ini ingin menyelesaikan permsalahan yang dihadapi sehingga peneliti mencari strategi pemsaran yang alternatif dengan menggunkan metode SWOT dengan pendekatan IIFAS dan EFAS. Setelah dilakukan analisis faktor faktor IFAS dan EFAS maka dilakukan penilaian pada kedua analisis tersebut dengan memberikan rating dan bobot pada tiap tiap faktor. Setelah itu dilakukan pengaplikasian pada diagram SWOT. Hasil dari penelitian ini bahwasanya strategi pemasaran alternatif yaitu menggunkan tipe strategi WO (Weakness, Opportunities). Dari 15 strategi pemasaran pada rumah sakit mata pasuruan ada beberapa strategi pemasaran alternatif yang digunakan rumah sakit mata pasuruan, antara lain melakukan kerjasama dengan beberapa perusahan di jangkauan Rumah Sakit Mata Pasuruan, memperluas bangunan RSMP sehingga bisa memperluas jaringan demi melengkapi fasilitas Rumah Sakit Mata Pasuruan, memberikan promo pada setiap event, melakukan sosialisai yang rutin dan kerjasama dengan BPJS.