Analisa Pengaruh Konten Digital Untuk Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas PGRI Wiranegara
DOI:
https://doi.org/10.51158/tecnoscienza.v8i1.1024Keywords:
Kompetensi, Kepuasan Mahassiwa, Konten DigitalAbstract
Dinamika perubahan dunia bisnis dan industri menuntut perguruan tinggi untuk mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut. Salah satu adaptasi dari perguruan tinggi tersebut melalui luaran lulusan yang mampu bersaing yang didukung dengan pengembangan kurikulumnya. Pengembangan dapat dilakukan pada substansi kurikulum yang mampu menghasilkan mahasiswa yang kompeten serta menyesuaikan kebutuhan dunia bisnis dan industri. Selain itu, agar menjadi perguruan tinggi yang unggul, harus mempunyai tata kelola yang menunjang bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dengan pihak-pihak perguruan tinggi lainnya ataupun dengan non perguruan tinggi. Hubungan yang saling bersinergi antara perguruan tinggi dengan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memperkuat hubungannya dengan dunia usaha dan industri melalui program Sarana Belajar Mandiri (MBKM) Merdeka, sebagaimana tertuang dalam Per Mendikbud No. 3 Tahun 2020, dengan memberikan hak kepada siswa untuk belajar secara sukarela (tanpa paksaan) selama tiga semester di luar kurikulum perguruan tinggi ini atau universitas lain. Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) ini diharapkan dapat lebih mengasah kompetensi mahasiswa secara langsung melalui permasalahan yang ada pada dunia usaha dan dunia industri dengan bimbingan dari pelaku dunia usaha dan dunia industri tersebut, apalagi jika jika proses pembelajarannya di kemas melalui konten digital yang menarik.