ANALISIS PENGARUH STORE LAYOUT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN BELI KONSUMEN

Authors

  • Titin Trimintarsih Universitas Wahidiyah
  • Agung Triharso Universitas Wahidiyah

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i1.496

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini perkembangan bisnis sangat meningkat drastis. Berbagai jenis usaha nyatanya cukup menjanjikan untuk dilakukan. Hal ini mengakibatkan persaingan yang semakin ketat sehingga perusahaan dituntut harus memiliki strategi untuk dapat bersaing. Salah satu yang harus diperhatikan adalah store layout atau penataan toko dan kualitas pelayanan guna mempengaruhi keputusan beli konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh analisis store layout dan kualitas pelayanan terhadap keputusan beli. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah konsumen Kios Wahidiyah sebanyak 125 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda yang dibantu oleh perhitungan statistic IBM (SPSS 24).

Berdasarkan perhitungan data, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh dan signifikan pada dimensi store layout (alokasi ruang lantai, penentuan pola berjalan, penentuan kebutuhan ruang, pemetaan dalam toko, penataan produk)terhadap keputusan beli. Dan memiliki pengaruh positif dan signifikan pada dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reability, responsiveness, assurance, emphaty) terhadap keputusan beli. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan beli sebesar 11,1 %.

Kata Kunci : Store Layout, Kualitas Pelayanan, Keputusan Beli Konsumen, Statistic (SPSS).

References

A, Parasuraman. 2001. The Behavior Consequenses of Service Quality. Jurnal of Marketing. Vol 60.
Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Liberty: Yogyakarta, 1988.
Budiastuti, Dyah dan Bandur, Agustinus. Validitas Dan Reliabilitas Penelitian. Mitra Wacana Media.
Haryanto, Resty Avita. 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelamggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado. Jurnal EMBA Vol. 1: 1465-1473.
Irlatifah, Hubba Aulia. 2018. Analisi Pengaruh Store Layout Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Beli Konsumen Studi Kasus Konsumen Pamela 6 Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Khair Hazmanan. 2016. Dampak Atribut Toko Terhadap Krputusan Pembelian Pada Indomaret Dept Store Di Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 2 No. 1.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid1. Jakarta : Erlangga.
Kurniasari, Nova Dhita. 2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.
Lupiyoadi, Rambat dan Ikhsan, Ridho Bramulya. 2015. Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Purnama, Nursya’bani. 2006. Manajemen kualitas. Yogyakarta : Perspektif Global Ekonisia.

Downloads

Published

2021-08-03