Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Kota Kediri melalui Kebijakan Zonasi Pada PPDB

Authors

  • Rini Ratna Nafita Sari Universitas Kahuripan Kediri
  • Petty Arisanti Universitas Kahuripan Kediri

Abstract

Abstract

This study examines the importance of the zoning system in the admission of new high school students in Kediri City as an effort to equalize the quality of Human Resources (HR) in Kediri. The zoning system in PPDB Kota Kediri will reduce the potential for human resources with certain qualities to be centralized in one particular area as well. This is expected to increase the ease of meeting the needs of the workforce so as to support the economic activities of the region. This study uses a descriptive qualitative approach in analyzing the implementation of the zoning system in PPDB SMA Kota Kediri. The qualitative case study strategy was used to explain the impact of this policy in increasing the distribution of the quality of human resources in the Kediri area. The researcher's assumption is that the distribution of quality education in an area will be able to create the availability of quality human resources equally. The results of this study found that the zoning policy in PPDB SMA Kota Kediri either directly or not was able to improve the distribution of the quality of human resources in Kediri City. First, the zoning system reduces qualified students to focus on one particular area, giving rise to a paradigm of superior and peripheral schools. Second, the existence of this zoning system will increase the availability of a qualified workforce evenly, because students will receive instruction by teachers and educational resources of relatively the same quality.

 

Keywords: Zoning, PPDB, Qualified Human Resources, Equity

 

Abstrak

 

Penelitian  ini mengupas  betapa pentingnya system zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat SMA Di Kota Kediri sebagai upaya dalam rangka peningkatan kualitas Sumber daya Manusia (SDM) di Kota Kediri. Sistem zonasi dalam PPDB Kota Kediri akan mengurangi potensi SDM dengan kualitas tertentu terpusat dalam satu wilayah tertentu pula. Hal ini diharapkan akan meningkatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja sehingga menunjang kegiatan perekonomian wilayah tersebut. Pada Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam melakukan analisis implementasi system zonasi dalam PPDB SMA Kota Kediri. Strategi studi kasus kualitatif digunakan  untuk menjelaskan dampak yang ditimbulkan dari kebijakn tersebut dalam meningkatkan  kualitas SDM di wilayah Kediri. Asumsi peneliti pemerataan pendidikan yang berkualitas di suatu wilayah akan mampu menciptakan  ketersediaan SDM yang berkualitas secara merata pula. Hasil penelitian ini  menemukan bahwa  kebijakan zonasi dalam PPDB SMA Kota Kediri baik secara langsung maupun tidak  mampu meningkatkan kualitas SDM di Kota Kediri. Pertama system zonasi mengurangi siswa yang berkualitas memusat pada satu wilayah tertentu  sehingga menimbulkan paradigm sekolah unggulan dan pinggiran. Kedua , dengan adanya system zonasi ini akan meningkatkan ketersediaan tenaga kerja yang berkualitas secara merata, karena siswa akan memeperoleh pengajaran oleh Guru dan sumberdaya pendidikan  yang kualitasnya relative sama.

Kata kunci: Zonasi, PPDB, SDM Berkualitas, Pemerataan

References

Arrozi, F., Sutrisna, K. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lama Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik Di Kota Denpasar. E-Jurnal EP Unud, 7 [12]
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mendikbud: Zonasi Bukan Hanya Untuk PPDB Saja diakses dari https://www.kemdikbud.go.id
Fitri, Junaidi. J. 2016. Pengaruh pendidikan, upah dan kesempatan kerja terhadap pengangguran terdidik di Provinsi Jambi. e-Jurnal Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Vol.5. No.1
https://kedirikota.bps.go.id/
Mashudi, Ahmad . 2019. Kebijakan PPDB Sistem Zonasi SMA/SMK dalam Mendorong Pemerataan Kulitas Sumberdaya Manusia di Jawa Timur. Nidhomul Haq, Vol 4 No 2, 186-206.doi https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.327
Matthew B. Miles, A. M. Huberman, and Johnny Saldaña, 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Third edition (Thousand Oaks, Califorinia: SAGE Publications, Inc)
Mawardi, Imam. 2016. Pendidikan Islam Transdisipliner Dan Sumber Daya Manusia Indonesia‘, Jurnal Pendidikan Islam 28, no. 2 :253–268.
Moloeng Lexy J. 2011. Metodologi penelitian Kualitatif, 29th ed. Bandung: Rosdakarya
no. 2 : 197–228, https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.2.2397
Nugroho, Puspo. 2019. Internalization of Tolerance Values in Islamic Education‘, Nadwa 12,
Retrieved from https://www.kedirikota.go.id/p/pendidikan/1010433/bidang-pendidikan
Sugiyono. 2018. Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D) Bandung: Alfabeta
Suprayitno, I.J, Darsyah, M.Y, Rahayu, U.S. 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Jumlah Pengangguran Di Kota Semarang diakses dari https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2303

Downloads

Published

2020-11-09