Analisis Terhadap Keamanan Transaksi Digital Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Untuk Menggunakan Metode Transaksi Digital
DOI:
https://doi.org/10.51158/df3fkq13Keywords:
Digital, Kepercayaan, Konsumen, TransaksiAbstract
Perkembangan teknologi merupakan suatu inovasi yang berhasil mengubah kapabilitas pada berbagai sektor, dan memaksimalkan potensi-potensi yang dimilik oleh sektor-sektor seperti perdagangan, industri manufaktur, dan layanan. Penggunaan transaksi digital merupakan bagian dari perkembangan ini, namun dalam pengaplikasiannya, transaksi digital tidak selalu mampu menciptakan kepercayaan konsumen secara instan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transaksi digital terhadap kepercayaan konsumen, dan bagaimana kepercayaan konsumen mampu meningkatkan minat konsumen dalam menggunakan transaksi digital. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang dari keseluruhan populasi di Kota Makassar, uji statistik yang dilakukan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa transaksi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Pengaruh ini menjelaskan bahwa apabila komponen pada transaksi digital seperti keamanan, keandalan, transparansi, personalisasi, dan tampilan meningkat maka kepercayaan konsumen akan ikut meningkat. Sementara menganalisis lebih lanjut mengenai kepercayaan konsumen dan minat menggunakan transaksi digital mengilustrasikan bahwa minat konsumen untuk tetap menggunakan metode transaksi online berasal dari kepercayaan yang telah dibangun melalui komponen-komponen yang melekat pada aplikasi atau layanan keuangan tersebut.
References
Agit, A., Muharram, S., & Oktavianty, O. (2024). Artificial Intelligence Capability in Education to Enhance Human Resources Quality from Economic Perspective. IC-ITECHS, 5(1), 738-746.
Agit, A., Wahyu, A. R. M., Octavianty, O., Abbas, S. A., & Sunarta, D. A. (2024). Implementation Of Technology In Developing Entrepreneurship And Innovation. JURNAL EKBIS, 25(1).
Agit, A., Wildayanti, W., & Oktavianty, O. (2024). Efektivitas Penggunaan Transaksi Digital Dalam Menunjang Kinerja Bisnis. Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan, 6(2), 88-97.
Anggunsuri, U. (2019). Peran Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Era Financial Technology. Nagari Law Review, 2(2), 215-223.
Ardani, W. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap perilaku konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40-47.
Buluati, R., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2023). Pengaruh Kemudahan, Keamanan Dan Kepercayaan Bertransaksi Terhadap Minat Menggunakan QRIS (Quick Response Indonesian Standard) Pada Pelaku UMKM Di Kabupaten Boalemo. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 75(2), 33-47.
Dayan, M. T. (2020). Pengaruh Persepsi Konsumen, Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital. Transaksi, 12(1), 40-50.
Erpurini, W., & Janah, W. S. (2022). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Konsumen E-commerce (Studi Kasus: Pembelian Produk Shopee. co. id pada Karyawan Borma Toserba Bandung). Jurnal Emt Kita, 6(2), 244-248.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gultom, P., Nainggolan, S. G. V., & Hariana, F. (2022). Edukasi Pinjaman Online dan Transaksi Digital bagi Pelaku UMKM. Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 2(1), 26-30.
Judijanto, L., Destiana, R., Sudarmanto, E., Suprapti, I. A. P., & Harsono, I. (2024). Analisis pengaruh adopsi teknologi finansial, kepercayaan nasabah, dan regulasi terhadap penggunaan layanan keuangan digital. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan West Science, 3(01), 20-28.
Nizar, A. M., & Yusuf, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Dompet Digital LinkAja. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 928-933.
Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Novianti, D., & Alamsyah, A. (2023). Improving Sales Rate Through Social Media Marketing Strategy for Small Business. ANALISIS, 13(1), 167-180.
Oktavianty, O., & Agit, A. (2023). Penerapan Penggunaan E-Payment Sebagai Upaya Peningkatan Adaptabilitas UMKM Terhadap Transformasi Digital. Dedikasi PKM, 4(2), 232-243.
Oktavianty, O., Agit, A., & Nur, N. (2024). Studi Reflektif Terhadap Kapabilitas Literasi Digital Dalam Menunjang Kinerja Bisnis di Era Digital. JURNAL EKUIVALENSI, 10(2), 294-308.
Oktavianty, O., Wahid, W., Farhan, A., & Alamsyah, A. (2022). Impact Of E-Marketing In Supporting MSMEs After Covid-19 Pandemic. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 1-7.
Pebriantie, D., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital Shopeepay. Economics and Digital Business Review, 4(1), 91-98.
Rabah, A. R. S., & Shakeab, K. D. A. (2023). Problematika Regulasi Lembaga Penjamin Simpanan Dalam Program Penjaminan Simpanan Nasabah Bank Digital. Lex Renaissance, 8(1), 129-146.
Rafiah, K. K. (2019). Analisis pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah, 5(1), 46-56.
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap minat beli produk pakaian secara online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318-330.
Sandy, E., & Firdausy, C. M. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Trust terhadap Minat Konsumen dalam Penggunaan Ulang Go-Pay di Kota Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), 22-27.
Seputri, W., & Yafiz, M. (2022). QRIS Sebagai Alat Transaksi Digital Generasi Z: Analisis Faktor: Ekonomi Keuangan. Adzkiya: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 10(02), 139-148.
Silalahi, P. R., Safira, R., Hubara, Z. A., & Sari, E. P. (2022). Pengaruh dompet digital terhadap budaya belanja individu di Kota Medan. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 869-878.
Wahid, W., Agit, A., & Eka Ramadhani, S. (2023). Peran Dompet Digital dalam Meningkatkan Kualitas Keuangan UMKM Menuju Era Society 5.0. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 26-34.