IMPLEMENTASI SOFT SKILL DAN METODE BELAJAR ROLE PLAYING PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI DI SIDOARJO
Abstract
Prestasi belajar siswa akuntansi dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yaitu soft skill dan metode belajar role playing. Kecerdasan intrapersonal dan interpersonal merupakan bagian dari soft skill yang kurang dikuasai dan metode pembelajaran yang monoton menyebabkan prestasi mahasiswa akuntansi Sidoarjo rendah secara rata-rata dari semester II (dua) sampai VI (enam) dan dari 3 (tiga) Perguruan Tinggi yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan Universitas Maarif Hasyim Latief Sidoarjo. Untuk mengetahui pengaruh soft skill dan metode belajar role playing berpengaruh terhadap prestasi belajar, diperlukan bukti emperis apakah soft skill dan metode belajar role playing membuat prestasi akademik mahasiswa akuntansi akan meningkat. Populasi penelitian 137 mahasiswa tersebar di 3 (tiga) Perguruan Tinggi yang ada di Sidoarjo. Pengambilan sampel sebanyak 92 mahasiswa dengan teknik sampling acak (tobulasi Isac dan Michael). Tiga variabel dalam penelitian ini adalah: soft skill, metode belajar role playing dan prestasi akademik mahasiswa akuntansi diambil melalui kuesioner. Hasil dari variabel regresi memiliki dampak positif soft skill (0,384) dan variabel metode belajar role playing (0,455) pada prestasi akademik mahasiswa akuntansi untuk 84,4% dan sisanya 15,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Kesimpulan terdapat pengaruh yang positif soft skills dan metode belajar role playing terhadap prestasi belajar belajar mahasiswa akuntansi secara bersama-sama atau secara parsial.
Kata kunci: Soft Skill, Metode Belajar Role Playing, Prestasi Belajar , Mahasiswa Akuntansi