IMPLEMENTASI SOFT SKILL DAN METODE BELAJAR ROLE PLAYING PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI DI SIDOARJO

Authors

  • Chairil Anwar Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Verouzia Kunti Imanniar Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Abstract

Prestasi belajar siswa akuntansi dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yaitu soft skill dan metode belajar role playing. Kecerdasan intrapersonal dan interpersonal merupakan bagian dari soft skill yang kurang dikuasai dan metode pembelajaran yang monoton menyebabkan prestasi mahasiswa akuntansi Sidoarjo rendah secara rata-rata dari semester II  (dua) sampai VI  (enam)  dan dari 3  (tiga) Perguruan Tinggi  yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan Universitas Maarif Hasyim Latief Sidoarjo. Untuk mengetahui pengaruh soft skill dan metode  belajar role playing  berpengaruh terhadap  prestasi belajar, diperlukan bukti emperis apakah soft skill dan metode belajar role playing membuat prestasi akademik mahasiswa akuntansi akan meningkat. Populasi penelitian 137 mahasiswa tersebar di 3 (tiga) Perguruan Tinggi yang ada di Sidoarjo. Pengambilan sampel sebanyak 92 mahasiswa dengan teknik sampling acak (tobulasi Isac dan Michael). Tiga variabel dalam penelitian ini adalah: soft skill, metode belajar role playing dan prestasi akademik mahasiswa akuntansi diambil melalui kuesioner. Hasil dari variabel regresi memiliki dampak positif soft skill (0,384) dan variabel metode belajar role playing (0,455) pada prestasi akademik mahasiswa akuntansi untuk 84,4% dan sisanya 15,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Kesimpulan terdapat pengaruh yang positif soft skills dan metode belajar  role  playing  terhadap  prestasi  belajar  belajar  mahasiswa  akuntansi  secara bersama-sama atau secara parsial.

Kata kunci: Soft Skill, Metode Belajar Role Playing,  Prestasi Belajar , Mahasiswa Akuntansi

Author Biographies

Chairil Anwar, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Verouzia Kunti Imanniar, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Downloads

Published

2018-10-14