Pemanfaatan Angin di Gedung UNISMA Sebagai Energi Alternatif Pengerak Wind Turbine Type Savonius Pada Pengembangan Media Pembelajaran

  • Unung Lesmanah Universitas Islam Malang
  • Sugiono Sugiono Universitas Islam Malang

Abstract

Pemanfaatan angin  sebagai sumber tenaga energi alternatif telah banyak digunakan di berbagai belahan dunia pada saat ini, namun di Indonesia hal ini belum banyak dimanfaatkan, padahal dengan contour geologis di Indonesia yang bergunung dan bukit ini akan banyak menimbulkan angin. Dengan  Vertical Axis Wind Turbine,  yaitu  type  Savonius, angin  dikonversi menjadi energi listrik.  Cara kerja dari Vertical Axis Wind Turbine mengkonversi energi angin menjadi energi listrik adalah ketika angin berhembus turbin  angin  dipasang  pada  arah  aliran  angin  sehingga  angin menabrak sudu - sudu turbin  tersebut  sehingga turbin angin berputar, kemudian putaran dari turbin angin diteruskan ke generator untuk diubah menjadi energi listrik. Pada penelitian ini difokuskan angin yang berhembus di lantai 7 Gedung Unisma, dengan harapan penambah wawasan ke mahasiswa bagaimana turbin angin merupakan suatu alat yang mampu mengubah energi angin menjadi energi mekanik dan selanjutnya diubah menjadi energi listrik melalui generator. Hasi penelitian ini, sebuah turbin angin sebagai media pembelajaran dan data yang diperoleh dari hasil pengamatan kecepatan angin 3 m/s, 4,2 m/s dan 5,1 m/s yang menghasilkan daya angin 5,103 Watt, 14,003 Watt,  25,07 Watt. Daya turbin yang dihasilkan 1,79 Watt, 4,901 Watt, 8,775 Watt, sedangkan daya listrik yang diperoleh 1,2888 Watt, 3,5288 Watt dan 6,3184 Watt.


Kata kunci:  Turbin Angin Type Savonius, Angin

Author Biographies

Unung Lesmanah, Universitas Islam Malang

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang

Sugiono Sugiono, Universitas Islam Malang

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang

Published
2020-05-08
How to Cite
LESMANAH, Unung; SUGIONO, Sugiono. Pemanfaatan Angin di Gedung UNISMA Sebagai Energi Alternatif Pengerak Wind Turbine Type Savonius Pada Pengembangan Media Pembelajaran. JURNAL TECNOSCIENZA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 215 - 230, may 2020. ISSN 2615-3319. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/332>. Date accessed: 11 july 2020.
Section
Articles