PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.51158/koulutus.v6i2.994Keywords:
Model Project Based Learning, Keterampilan Membuat Laporan KeuanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membuat laporan keuangan perusahaan dagang menggunakan metode Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS 1 dengan jumlah 28 peserta didik. Desain penelitian dilakukan dengan prosedur penelitian prinsip Kemmis dan Taggart yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi atau evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Proses Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada saat prasiklus nilai rerata peserta didik sebesar 69 dan nilai masih dibawah KKM (75,00). Ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus II keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan keuangan perusahaan dagang mengalami peningkatan hasil belajar menjadi 78,57%. Persentase keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86%. Persentase capaian kinerja guru pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,43%.