IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 UNTUK SD/MI

Authors

  • Rizka Ayu Fitrianingsih UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Agus Zaenul Fitri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Sulistyorini Sulistyorini UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.51158/koulutus.v5i2.785

Keywords:

Penguatan Pendidikan Karakter, kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum K13 untuk SD/MI. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus yang berusaha untuk menggambarkan suatu keadaan saat ini dalam implementasi penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum K13 yang ditunjukan untuk SD/MI sebagai tombaknya pendidikan utama disatuan lembaga pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan melalui ketekunan pengamatan, diskusi, trianggulasi sumber, metode dan waktu.    Adapun hasil penelitian ini adalah tentang implementasi PPK dalam program yang terdapat di kurikulum K13 berbasis pendidikan karakter, dimana tujuan dari kurikulum K13 berbasis karakter ini adalah untuk dapat mengembangkan pendidikan karakter tersebut pada diri setiap peserta didik, selain itu dapat mempertinggi mental, moral budi pekerti dan memperkuat keyakinan beragama, mempertinggi kecerdasan dan keterampilan, serta dapat membina dan mengembangkan fisik yang kuat dan sehat pada diri peserta didik, dan nantinya dapat terwujudnya nilai karakter sesuai dengan yang diharapkan oleh lembaga pendidikan dan para orang tua wali. Peendidikan karakter yang islami dan ber-moral.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 UNTUK SD/MI. (2022). JURNAL KOULUTUS, 5(2), 55-70. https://doi.org/10.51158/koulutus.v5i2.785