PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASISI RELIGIOUS CULTURE DI SD IIS PSM KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.51158/koulutus.v5i2.775Keywords:
Pengembangan Kurikulum, Religious CultureAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum berbasis religious culture di SD IIS PSM Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada lembaga pendidikan di SD IIS PSM Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan melalui ketekunan pengamatan, diskusi dengan teman sejawat, trianggulasi sumber, metode dan waktu. Adapun hasil penelitin dari pengembangan kurikulum berbasis religious culture di SD IIS PSM Kediri adalah terwujudnya nilai karakter islami yang membudaya di lingkungan sekolah melalui pembiasaan sehari-hari. Pengadaan rapor Syafawi untuk mengontrol pelaksanaan religious culture menjadi penguat bagi siswa untuk melaksanakan religious culture berupa pelaksanaan adab-adab di seluruh ruangan di sekolah. Religious culture juga menjadi salah satu prioritas sekolah yang membuat sekolah tersebut berbeda dengan sekolah lainnya hingga menarik minat pasar pendidikan yang dapat dibuktikan dari hasil survey menunjukkan 90% walimurid memilih sekolah tersebut karena memiliki pengembangan kurikulum relious culture.