ANALISIS BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA

Authors

  • Irna Rusani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Supriadi Supriadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hidayani Hidayani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i2.688

Keywords:

berpikir kritis, pemecahan masalah, langkah polya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kritis matematik siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu enam siswa kelas VIII SMPK Marsudi Siwi Malang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes tertulis berisi soal dengan materi persegi dan persegi panjang. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses berpikir kritis matematik siswa dalam pemecahan masalah matematika langkah Polya adalah sebagai berikut: 1) memahami masalah, ST dan SS mampu menginterpretasi, SR tidak mampu menginterpretasi; 2) menyusun rencana, ST dan SS mampu menganalisis, SR tidak mampu menganalisis; 3) melaksanakan rencana, ST mampu mengevaluasi, menginferensi dan mengeksplanasi, SS mampu mengevaluasi dan menginferensi tetapi belum mapu mengeksplanasi, SR tidak mampu mengevaluasi, menginferensi dan eksplanasi; 4) memeriksa kembali, ST melakukan regulasi diri, SS dan SR tidak melakukan regulasi diri

Author Biographies

Irna Rusani, Universitas Muhammadiyah Sorong

Program Studi Pendidikan Matematika

Supriadi Supriadi, Universitas Muhammadiyah Sorong

Program Studi Pendidikan Matematika

Hidayani Hidayani, Universitas Muhammadiyah Sorong

Program Studi Pendidikan Matematika

Zakiyah Anwar, Universitas Muhammadiyah Sorong

Program Studi Pendidikan Matematika

Downloads

Published

2021-09-20